Home > JATENG RAYA > Kelenteng Tua Welahan, Buah Pencarian Seorang Adik

Kelenteng Tua Welahan, Buah Pencarian Seorang Adik

elenteng Hian Thian Siang Tee di Welahan, Kabupaten Jepara. (foto: metrojateng.com/ MJ-23)

SEORANG ahli pengobatan Tiongkok bernama, Tan Siang Hoe melakukan perjalanan ke Asia Tenggara. Ia mencari sang kakak, Tan Siang Djie. Pada saat sampai di Semarang, Tan Siang Hoe mendapat kabar keberadaan kakaknya, di daerah Welahan, Jepara.

Perjalanannya kemudian berlanjut menuju Welahan. Di tengah perjalanan, Siang Hoe bertemu dengan Tasugagu, seorang pendeta yang sedang sakit di dalam kapal. Siang Hoe lantas mencoba menyembuhkan dengan obat miliknya.

Usaha itu berhasil. Sebagai ucapan terimakasih, Siang Hoe diberi sejumlah pusaka oleh pendeta tersebut. Siang Hoe kembali melanjutkan perjalanan ke Welahan hingga berhasil bertemu kakaknya. Ia lantas tinggal di rumah keluarga Liem Tjoe Tien bersama sang kakak, Tan Siang Djie.

Lama bermukim di Welahan, keduanya kemudian mendirikan tempat sembahyang. Saat ini, tempat itu menjadi kelenteng yang dijuluki Hian Thian Siang Tee. Ada dua kelenteng yang ada di kawasan tersebut, untuk menyembah Dewa Langit dan untuk menyembah Dewa Bumi.

Kini, selain menjadi tempat sembahyang, Kelenteng Hian Thian Siang Tee juga menjadi obyek wisata religi di Kabupaten Jepara. Daya tarik yang menjadikan para pengunjung melancong ke kelenteng ini adalah, dikenalnya Hian Thian Siang Tee sebagai kelenteng tertua di Indonesia.

Itu ditengarai pusaka-pusaka kuno yang disimpan di kelenteng ini. Pusaka milik Siang Hoe dari pemberian Pendeta Tasugagu. Diantaranya adalah sien tjiang, kertas halus bergambar Paduka Hian Thiam Siang Tee. Po kiam, sebilah pedang Tiongkok kuno. Hio lauw, tempat abu. Serta tjioe hwat, buku pengobatan dan buku ramalan. Benda-benda itu diyakini sebagai pusaka kuno yang pertama ada di Indonesia.

Pengunjung kelenteng ini datang dari berbagai daerah. “Tidak hanya keturunan Tionghoa yang ke sini, warga non Tionghoa juga sering berkunjung. Kami terbuka bagi siapa saja. Silakan jika mau mampir,” kata Ketua Yayasan Kelenteng Welahan, Sugandi, Kamis (9/11).

Tidak sulit mencari Kelenteng Hian Thian Siang Tee di Welahan. Ia berada di dekat Pasar Welahan, tidak jauh dari gapura selamat datang, perbatasan antara Jepara dengan Demak. Jika dihitung jarak dari pusat Kota Jepara, jauhnya sekitar 24 kilometer. (MJ-23)

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar