Kejar Target PBB Rp 346,5 Miliar, Bapenda Luncurkan Aplikasi e-SPOP

SEMARANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang melaunching sistem baru pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online. Yaitu aplikasi e-SPOP atau Surat Pelaporan Objek Pajak Elektronik.

Launching aplikasi e-SPOP di Hall Balai Kota Semarang, Senin (14/5). Foto: masrukhin abduh

Launching dilakukan bersamaan dengan kegiatan Pekan Panutan PBB di Hall Balai Kota Semarang, Senin (14/5). Dengan keberadaan aplikasi ini wajib pajak PBB akan lebih mudah mengecek tagihan dan melakukan pembayaran pajak dari mana saja.

‘’Bahkan, kalau objek pajaknya ada perubahan, misal semula tanah kosong kemudian ada bangunannya, atau semula 1.000 m2 kemudian ada yang dijual, maka wajib pajak tidak perlu ke kantor. Cukup buka e-SPOP PBB untuk melaporkannya,” kata Kepala Bapenda Kota Semarang, Yudi Mardiana.

Launching e-SPOP ini disebutkan karena sekarang eranya sudah serba digital. Kemajuan teknologi itu harus dimanfaatkan juga untuk kemajuan pembangunan termasuk juga dalam pelayanan masyarakat.

Dengan sistem online, dia menyebutkan juga dapat mencegah terjadinya kebocoran pembayaran PBB, sehingga penerimaan pada 2018 ini bisa mencapai target yaitu Rp 346,5 miliar.

‘’Hingga 11 Mei kemarin, pencapaian PBB baru Rp 58 miliar atau 16,88 persen. Kami meminta kepada wajib pajak untuk segera membayar PBB sebelum jatuh tempo pada 31 September mendatang,’’ tegasnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, memberikan apresiasi kepada Bapenda atas inovasi e-SPOP yang baru saja dilaunching Bapenda. Pembayaran PBB secara online ini dinilai terobosan yang akan mempermudah pelayanan masyarakat.

‘’Dengan sistem ini maka mengurangi tatap muka dengan petugas, sehingga akan meminimalisasi kongkalikong sehingga mencegah kebocoran,’’ tandasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

58 − 49 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.