Kapolda Jateng: Jangan Gampang Percaya Hoax!

SEMARANG – Masyarakat Jawa Tengah diminta untuk tidak gampang termakan hoax di tengah situasi saat ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono usai melakukan pertemuan bersama Komunitas Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) di Mapolda Jateng, Senin (14/5).

Pertemuan Kapolda Jateng dengan Komunitas Pelita, Senin (14/5). Foto: efendi

Di Semarang sendiri, hari ini beredar dua kabar yang sempat menggemparkan media sosial. Pertama yakni adanya kabar penangkapan orang mencurigakan di kawasan Simpang Lima pagi tadi. Padahal di sekotaran lokasi sedang dilaksanakan kegiatan pawai Dugderan. “Saya tegaskan itu hoax,” tegas Condro.

Kemudian siang harinya beredar kabar bahwa ada temuan benda memcurigakan yang diduga bom di Bandara Ahmad Yani Semarang. Bahkan informasi yang tersebar melalui media sosial dan chatting terdapat kata yang seolah bom belum meledak.

Namun setelah dilakukan pengecekan, barang tersebut ternyata milik salah seprang penumpang pesawat yang tertinggal dan berisi sparepart alat berat yang dibawa dari Jakarta.

“Kami minta masyarakat jangan mudah mengunggah, menyebarluaskan informasi seperti kardus (Barang di Bandara Ahmad Yani) kemudian diunggah dan menyebarluaskan informasi, sehingga menimbulkan keresahan,” kata Condro.

Selain itu, Condro juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Jawa Tengah khususnya untuk bersimpati kepada para korban bom di Surabaya. Upaya simpati tersebut bisa dilakukan dengan tidak menyebarluaskan foto-foto yang kondisinya mengenaskan melalui media sosial.

“Karena simpati kita pada korban atas kebiadaban terorisme tidak harus diwujudkan dengan gambar korban diupload,” tandas Condro. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

35 + = 41

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.