Beranda PLESIRAN Kamu Nggak Cuma Bisa Selfie di Hutan Mangrove Ini

Kamu Nggak Cuma Bisa Selfie di Hutan Mangrove Ini

107
0
tempat selfie baru di demak
Ekoswisata Rumah Edukasi Silvofishery (Reduksi) Desa Kedungmutih Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. (foto: metrojateng.com/MJ-23)

DEMAK – Bagi traveler dan pehobi selfie, ada tempat menarik yang patut dikunjungi. Yakni Ekoswisata Rumah Edukasi Silvofishery (Reduksi) Desa Kedungmutih Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak.

Hutan mangrove yang berada di perbatasan Kecamatan Wedung (Demak)-Kecamatan Kedung (Jepara) ini seluas setengah hektar. Meski terbilang mini, namun memiliki panorama alam yang cukup eksotis.

Pemandangan hijau hutan mangrove di sepanjang trek (jembatan) yang terbuat dari bambu. Mengantarkan pengunjung untuk melihat keasrian hutan mangrove. Di tengah trek terdapat gazebo yang terbuat dari limbah kayu dan bambu. Tak berlebihan jika tempat ini menjadi idola untuk berfoto selfi.

Bahkan di sisi hutan mangrove berbatasan dengan Sungai Wulan Drainese (SWD) I, yang dapat dijadikan tempat selfi sembari melihat perahu nelayan yang melintas.

Ketua Sibat Desa Kedungmutih, Husni Walid menuturkan bahwa hutan mangrove tersebut mulanya adalah program dari Amcross 2016-2017 dengan penanaman 25 ribu pohon. Pengelolaannya di bawah Sibat.

Menurutnya, selain berselfi pengunjung juga dapat belajar tentang tanaman bakau. “Wisatawan yang masuk dapat belajar mulai dari mengenal mangrove, pembibitan, penanaman serta mitigasi bencana. Materi diberikan langsung dari Sibat,” paparnya, Jumat (2/3)

Di hutan ini, tuturnya, ada lima jenis mangrove. Yakni bakau panjang, bakau pendek dan bakau pendek merah. Dua lagi bakau api-api dan bakau Rhizophora Apiculata. Mau tahu tarif masuknya? Tak perlu khawatir, traveller hanya mengaluarkan Rp 2000 per orang untuk bisa menikmati panorama hutan mangrove.

“Ditambah parkir Rp 1000. Itu pun tidak memaksa. Kalau ada yang tidak punya uang silakan saja masuk,” pungkasnya.(MJ-23)