Kampung Ragam Warna Mranggen Butuh Pembenahan

KENDAL –  Kampung Ragam Warna di Kampung Mranggen Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu Kendal terus berbenah untuk menjadi tujuan wisata. Warna warni sepanjang kampung menjadi daya tarik pengunjung untuk berswafoto. Namun demikian, perlu pembenahan di kawasan tersebut. Terutama homestay yang disiapkan agar pengunjung lebih nyaman menikmati suasana kampung yang berwarna warni ini.

Bupati Kendal Mirna Annisa meresmikan kampung ragam warna Mranggen Kutoharjo Kaliwungu Rabu (09/05) siang. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Hal itu ditujukan agar pengunjung memiliki pengalaman yang dapat dikenang dan dibawa pulang. “Untuk menjadi tempat wisata bukan sekadar ramai pengunjung. Tetapi pengunjung agar mempunyai kenangan agar bisa kembali mengunjungi tempat tersebut,” jelas  Mujib Rohmat, Anggota DPR RI yang menghadiri peresmian Kampung Ragam Warna, Rabu (9/5) siang.

Bupati Kendal Mirna Annisa yang meresmikan Kampung Ragam Warna Mranggen berharap agar kampung itu menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Meski perlu pembenahan namun kampung ragam warna ini sudah siap menerima pengunjung untuk menikmati keramahan dan keindahan kampung penuh warna ini.

“Kita akan mengembangkan di daerah lain tidak hanya di Mranggen Kutoharjo saja, karena tidak hanya sebagai tujuan wisata semata tetapi bisa memberdayakan perekonomian warga sekitar,” jelas bupati.

Memasuki Kampung Mranggen sepanjang mata memandang penuh warna-warni di setiap sudut. Diding rumah warga dan jalan kampung dicat warna warni bahkan atap rumah warga juga ikut dihias aneka warna.  Sejumlah spot foto sepanjang kampung memanjakan pengunjung untuk lebih lama di kampung ini. Di Kampung Ragam Warna ini juga ada taman edukasi.

Penggagas kampung ragam warna, Bambang Yogi menyebut, pembenahan membutuhan peran masyarakat. “Homestay yang disiapkan masih belum sepenuhnya siap menerima pengunjung. Sehingga perlu pemberdayaan masyarakat lebih lanjut,” ujarnya.

Kampung ragam warna ini menarik puluhan travel blogger yang mencari tempat wisata baru. Dwika salah satu blogger asal Jakarta mengatakan, hampir seluruh spot foto di Kampung Ragam Warna Mranggen bagus dilakai foto instagram.

“Perlu pembenahan homestay. Bukan yang mewah atau fasilitas lengkap, tetapi setidaknya bisa melayani semua kalangan. Kalau spot foto hampir seluruhnya instagramable,” katanya.

Dwika menambahkan, penerangan kampung juga harus diperhatikan. Karena wisata malam juga banyak dikunjungi. “Sayang kalau sudah berwarna warni tetapi penerangannya tidak layak,” imbuh Dwika. Di kampung ragam warna Mranggen Kaliwungu juga terdapat galeri yang siapkan warga untuk wadah anak muda berkreasi dan berkarya. (MJ-01)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

97 − = 92

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.