Beranda PLESIRAN WISATA JATENG Kampung Ragam Warna Kendal Masih Butuh Pembenahan

Kampung Ragam Warna Kendal Masih Butuh Pembenahan

37
0
BERBAGI

KENDAL – Kampung Ragam Warna di Mranggen, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal menawarkan spot berbeda dibanding kampung warna-warni lainnya. Namun, perlu pembenahan terutama homestay yang disiapkan agar pengunjung lebih nyaman.

Kampung Ragam Warna Mranggen juga disiapkan untuk wisata edukasi. Foto: edi prayitno

Kampung Ragam Warna ini menarik puluhan traveller blogger yang mencari tempat wisata baru. Dwika salah satu blogger asal Jakarta mengaku, Kampung Ragam Warna Mranggen mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan kampung-kampung pelangi pada umumnya.

“Memang perlu ada pembenahan khususnya homestay yang disiapkan warga. Bukan yang mewah atau fasilitas lengkap tetapi setidaknya bisa melayani semua kalangan. Kalau spot foto hampir seluruhnya instagramable,” katanya, Rabu (9/5).

Dwika menambahkan, penerangan kampung juga harus diperhatikan karena wisata malam juga banyak dikunjungi. “Sayang kalau sudah berwarna warni tetapi penerangannya tidak layak,” imbuh Dwika.

Di Kampung Ragam Warna Mranggen juga terdapat galeri yang siapkan warga untuk wadah anak muda berkreasi dan berkarya. Tidak hanya rumah dan jalanan kampung yang dihias di kampung ragam warna ini disiapkan taman edukasi.

Diresmikan Bupati Kendal Mirna Annisa, Rabu (9/5) siang, Kampung Ragam Warna Mranggen diharapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Meski perlu pembenahan namun kampung ini sudah siap menerima pengunjung.

“Kami akan mengembangkan di daerah lain tidak hanya di Mranggen Kutoharjo saja, karena tidak hanya sebagai tujuan wisata semata tetapi bisa memberdayakan perekonomian warga sekitar,” kata Bupati Mirna Annisa.

Untuk menjadi tujuan wisata Kampung Ragam Warna perlu pembenahan dan sentuhan lebih baik lagi. “Untuk menjadi tempat wisata bukan sekadar ramai pengunjung tetapi tidak mempunyai kenangan agar bisa kembali mengunjungi tempat tersebut,” jelas  Mujib Rohmat, Anggota DPR RI.

Penggagas Kampung Ragam Warna, Bambang Yogi mengakui perlu pembenahan lebih lanjut agar bisa menjadi tujuan wisata. “Homestay yang disiapkan masih belum sepenuhnya siap menerima pengunjung sehingga perlu pemberdayaan masyarakat lebih lanjut,” ujarnya. (MJ-01)