Home > HEADLINE > Kali Blandon, Saluran Irigasi yang Disulap Jadi Destinasi Wisata Air

Kali Blandon, Saluran Irigasi yang Disulap Jadi Destinasi Wisata Air

Wisatawan menikmati mengapung di kasur apung menyusuri Kali Blandon

 
KENDAL – Sebuah sungai di Kendal  disulap menjadi tujuan wisata alam, yang eksotik dengan pemandangan hamparan sawah dan pegunungan. Pengunjung selain bisa menikmati keindahan sungai yang bersih dan jernih, juga bisa bermain kasur apung dan memancing ikan.
Siapa sangka tempat wisata alam ini dulunya adalah saluran irigasi yang digunakan petani untuk mengairi sawah. Air yang jernih dan sungai yang bersih, ditambah pohon  rindang di kanan kiri sungai dimanfaatkan warga sekitar, dijadikan wisata alam dadakan.
Awalnya tidak ada yang mengenal kawasan Kali Bladon ini, namun kini wisata alam yang berada di Dusun Krayapan Desa Purwokerto Kecamatan Brangsong Kendal, selalu ramai dikunjungi. Pesona keindahan sungai dan pemandangan sawah, serta pegunungan menjadi daya tarik pengunjung.
Kepala Desa Purwokerto, Prasetyo mengatakan saluran irigasi ini dulu hanya memiliki lebar tiga meter. “Kemudian oleh desa dilebarkan menjadi delapan meter dan ditanami pohon akasia di kanan kiri sungai. Setelah ramai dikunjungi karangtaruna desa mengelola kawasan ini menjadi wisata alam,” jelasnya Minggu (05/02) pagi.
Pengunjung yang datang tidak hanya dari sekitar Kendal saja, tidak jarang banyak pengunjung dari luar kota datang ke lokasi ini untuk menikmati keindahan alam yang masih asri. Pengunjung mengaku, mengenal wisata alam baru ini dari media sosial. Sungai yang jernih dan bersih menjadi daya tarik untuk berfoto selfi.
Apalagi dilengkapi dengan rakit bambu, tempat bersantai dan kasur apung. Hanya dengan membayar Rp 10  ribu  pengunjung bisa menyewa kasur apung dan berkeliling menyusuri sungai sambil berfoto.
Rohmi Zuli misalnya, mengenal wisata Kali Bladon dari teman-temannya dan media sosial. Ia penasaran dengan keindahan sungai yang jernih dan pemandangan alam yang masih asri.
“Tahunya dari teman lalu di media sosial juga lagi booming pemandangannya indah, sungainya jernih dan bersih,” katanya.
Pengelola kawasan wisata Kali Bladon, Syarif Hidayatullah mengatakan, pesona yang ditawarkan adalah keindahan sungai yang jernih dan bersih serta rindang dengan pohon akasia. “Sungai sepanjang 600 meter ini dilengkapi rakit, tempat istirahat, ayunan dan yang paling banyak diminati adalah kasur apung,” jelasnya.
Untuk menikmati pesona keindahan Kali Bladon, pengunjung hanya cukup membayar Rp 2.000 saja. Sedangkan untuk menikmati kasur apung dan bermain rakit pengunjung hanya membayar Rp 10 ribu saja. “Kedepan pihak desa akan membangun sejumlah fasilitas pendukung seperti pusat kuliner dan gazebo,” tambah Syarif. (MJ-01)

Ini Menarik!

Pemkab Kampar Pelajari Kawasan Industri di Kendal

Share this on WhatsApp  KENDAL – Keberhasilan Kabupaten Kendal mendirikan kawasan industri berskala besar menarik …

Silakan Berkomentar