Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Kalangan Menengah Bawah Belum Rasakan Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan

Kalangan Menengah Bawah Belum Rasakan Manfaat Jamsos Ketenagakerjaan

36
0

SEMARANG – Manfaat jaminan sosial (jamsos) belum bisa dirasakan hingga kalangan menengah ke bawah. Kondisi itu karena kurangnya kesadaran pemberi kerja atau pekerja untuk memanfaatkan jamsos tersebut.

Jajaran pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Tengah-DIY dan anggota Komisi IX DPR RI menyerahkan santunan kepada ahli waris yang menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan di Semarang, Selasa (15/5). Foto: anggun puspita

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krisna Syarif mengatakan, masalah ini karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap jamsos. Para pekerja dan pemberi kerja tidak paham tentang manfaat dasar atau hak-hak yang harus diberikan dan diterima dalam sistem ketenagakerjaan.

“Maka perlu sosialisasi tentang manfaat dari jamsos ketenagakerjaan tersebut. Dan hal itu kami sampaikan kepada wakil rakyat agar ke depan juga ada pengembangan manfaat khususnya yang menjangkau kalangan masyarakat bawah,” ungkapnya di sela menerima kunjungan Komisi IX DPR RI di Semarang, Selasa (15/5).

Sosialisasi terkait manfaat jamsos ketenagakerjaan ini membutuhkan dukungan stakeholder dan pemerintah. “Kami berharap pemerintah dan calon pemimpin dapat mensejahterakan masyarakat melalui perlindungan jamsos di BPJS Ketenagakerjaan. Sekarang ini sudah banyak pemerintah daerah yang mengeluarkan Perda terkait itu,” tuturnya.

Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen melayani peserta salah satunya menyerahkan santunan atau klaim kepada tenaga kerja penerima manfaat.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY, Moch Triyono mengatakan, tenaga kerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan akan banyak menerima manfaat dari program yang diikutinya.

“Program yang dimiliki jamsos ketenagakerjaan ini luar biasa dan dapat membantu pemerintah. Maka kami juga butuh dukungan dari Komisi IX DPR RI yang membidangi ketenagakerjaan agar ada semacam regulasi yang mengatur agar proteksi jamsos ini bisa menjangkau kalangan menengah bawah,” katanya.

Sementara pada kesempatan itu BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY dan anggota Komisi IX DPR RI menyerahkan santunan kepada Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun kepada Rahayu Trihardani pegawai Bank Jateng yang purna tugas. Serta Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun Berkala dan Jaminan Hari Tua kepada ahli waris Alm Kusiyono karyawan Pelindo Daya Sejahtera yang meninggal dunia saat bekerja. (ang)