Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > KAI Luncurkan KA Kaligung dan Ambarawa Express Bertarif Ekonomi Rasa Eksekutif

KAI Luncurkan KA Kaligung dan Ambarawa Express Bertarif Ekonomi Rasa Eksekutif

Interior gerbong Ekonomi New Image mirip gerbong eksekutif. Foto:metroemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang meningkatkan pelayanan dengan mengganti rangkaian kereta lama dengan rangkaian kereta baru.

Mulai Selasa (7/2) KA Kaligung relasi Semarang Poncol – Tegal PP dan KA Ambarawa Ekspress relasi Semarang Poncol – Surabaya Pasar Turi PP akan menggunakan rangkaian kereta baru kelas ‘Ekonomi New Image’ menggantikan rangkaian kereta kelas ekonomi lama.

“Penumpang kereta api yang menggunakan kelas ekonomi ini akan merasakan kenyamanan yang nyaris sama dengan penumpang kereta api kelas eksekutif. Banyak perubahan yang diberikan pada kelas ekonomi new image ini, di antaranya bagian interior kereta nyaris tidak ada yang berbeda antara kereta kelas ekonomi dengan eksekutif, kabin bagasi penumpang yang dulu terbentuk dari rangka besi kini di desain mirip bagasi kelas eksekutif,k kata Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Koeswoyo.

Untuk fasilitas AC, yang sebelumnya menggunakan AC split sekarang dirubah menggunakan AC yang tersentralisasi. Setiap kereta dilengkapi fasilitas televisi sebanyak 2 buah TV LED yang terletak di bagian tengah kereta dengan menayangkan film box office dan siaran televisi milik KA TV. Tempat duduk di desain dengan konfigurasi 2-2 serta dilengkapi fasilitas stop kontak listrik untuk aktivitas elektronik.

Dia menambahkan, bentuk kursi berubah. Sebelumnya kereta kelas ekonomi lama memiliki sandaran tegak membuat sudut 90 derajat. Namun kini, kursi pada kelas ekonomi new image terbuat dari bahan sofa dengan sandaran tidak 90 derajat. Jumlah kursi pada setiap kereta kelas ekonomi yang dulunya menampung sebanyak 106 penumpang, kini hanya menampung 80 penumpang. Sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan kereta kelas ekonomi new image ini.

“Tidak ada kenaikan tarif. Harga tiket untuk KA Kaligung dari Semarang Poncol menuju Tegal masih sama seperti sebelumnya yakni Rp 50.000. Dari Semarang Poncol menuju Weleri Rp 35.000 dan dari Semarang Poncol menuju Pekalongan Rp 40.000,” paparnya.

Sedangkan untuk KA Ambarawa Ekspress dari Semarang Poncol menuju Surabaya Pasar Turi Rp 80.000. Dari Semarang Poncol menuju Ngrombo Rp 50.000, menuju Cepu Rp 60.000 dan menuju Bojonegoro Rp 70.000.

Selain KA Kaligung dan KA Ambarawa Ekspress, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang pada Selasa (31/1) lalu juga telah mengganti rangkaian KA Menoreh kelas ekonomi relasi Semarang Tawang – Pasar Senen PP dengan rangkaian kelas ekonomi new image. (ade)

Ini Menarik!

Pemkab Kampar Pelajari Kawasan Industri di Kendal

Share this on WhatsApp  KENDAL – Keberhasilan Kabupaten Kendal mendirikan kawasan industri berskala besar menarik …

Silakan Berkomentar