Beranda JATENG RAYA METRO SOLO KA Solo Ekspres Resmi Beroperasi Hari Ini

KA Solo Ekspres Resmi Beroperasi Hari Ini

53
0

SOLO – Sempat tertunda, akhirnya Kereta Api (KA) Solo Ekspres mulai dioperasikan dari Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5). Perjalanan KA rute Solo-Jogja-Kutoharjo dimulai pukul 08.40 WIB.

KA Solo Ekspres resmi beroperasi, Kamis (17/5). Foto: metrojateng.com

Awal perjalanan tersebut ditandai dengan acara peresmian dengan pemotongan untaian melati dan pemecahan kendi oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Dirjen Kereta Api, Zulfikri dan jajaran petinggi PT KAI.

“KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga masyarakat Solo, Yogyakarta, Kutoharjo, dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat dan lebih nyaman dari kereta api lain dengan rute yang sama,” ujar Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto.

KA Solo Ekspress terdiri dari empat train set dengan kapasitas 393 tempat duduk. KA ini dilengkapi dengan fasilitas berupa pendingin udara, TV, USB port, dan toilet KA.

Sebagai permulaan, PT KAI memberlakukan tarif promo sebesar Rp 40.000,- untuk rute Stasiun Kutoharjo – Solo Balapan (pp) dan Rp 30.000,- untuk rute Stasiun Kutoarjo- Yogyakarta (pp) atau Stasiun Solo Yogyakarta – Solo Balapan (pp). Promo tersebut berlaku mulai 21 Mei sampai 4 Juni 2018.

Sementara itu , Wali Kota FX Hadi Rudyatmo menyambut baik adanya pengoperasian KA Solo Ekspres tersebut. Pihaknya berharap adanya KA tambahan ini bisa mengakomodasi para pemumpang Prambanan Ekspress (Prameks) yang selama ini masih kekurangan.

“Kalau dibadingkan dengan tarif KA Prameks ya jauh berbeda, namun ini fasilitasnya nyaman, ada AC-nya, tempatnya juga bagus. Jadi bagi masyarakat tidak perlu mempersoalkan ini,” ujarnya. (MJ-25)