Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Jelang Seri ke-13 MXGP, Dua Crosser Yamaha Keluhkan Cuaca Panas Semarang

Jelang Seri ke-13 MXGP, Dua Crosser Yamaha Keluhkan Cuaca Panas Semarang

239
0

SEMARANG – Dua crosser Monster Energy Yamaha Factory, Jeremy Van Horebeek dan Romain Febvre siap beradu kecepatan dalam ajang MXGP of Asia 2018. Mereka berjanji tampil all out di International Track Bukit Semarang Baru (BSB) Mijen, Kota Semarang sekaligus memerbaiki peringkat di klasemen pebalap.

Meet and Greet crosser Monster Energy Yamaha Factory di Yamaha Flagship DDS 3 Jateng & DIY, Jalan Pemuda, Semarang, Jumat (6/7). Foto: efendi

Namun, cuaca terik Semarang bakal menjadi tantangan tersendiri bagi jagoan tim garputala. Romain Febvre, rider asal Prancis mengaku cuaca panas Kota Semarang akan menguras stamina para rider. Sehingga, kondisi tersebut berpengaruh pada peforma para crosser saat berada di atas track.

Namun Romain punya cara tersendiri untuk mengatasinya dengan memperbanyak kuantitas minum. “Ini pertama kali saya ke Semarang, cuacanya di sini sangat panas. Tapi saya harus bisa mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi air minum,” ujarnya saat menggelar Meet and Greet di Yamaha Flagship DDS 3 Jateng & DIY, Jalan Pemuda, Semarang, Jumat (6/7) siang.

Selain mengonsumsi air minum, ia juga telah melatih kekuatan fisik jelang seri ke-13 kejuaraan motocross tingkat dunia ini.

“Kami baru latihan fisik saja, tidak latihan di atas sepeda motor karena kami baru saja sampai di Semarang, sebelumnya di Pangkal Pinang. Tadi pagi juga sudah melihat tracknya tapi belum tahu betul bagaimana karakternya. Tapi sangat indah. Tapi saya akan berusaha meraih kecepatan terbaik,” imbuh crosser 26 tahun tersebut.

Pada seri Pangkal Pinang pekan lalu, Romain menduduki peringkat ketiga di belakang duo Red Bull KTM. Ia berharap pada seri Semarang ini bisa menduduki peringkat 2 atau di atasnya.

“Pokoknya kemarin pas di Pangkal Pinang bisa menduduki peringkat tiga. Intinya strategi saya itu start yang baik, konsisten dengan kecepatan, dan meminimalisir kesalahan,” pungkasnya.

Sementara, rekan satu tim, Jeremy Van Horebeek juga mengeluhkan cuaca panas di Kota Semarang. Menurutnya, kondisi di Kota Semarang hampir mrnyerupai saat ia balapan di Qatar.

“Hampir mirip di Qatar cuacanya. Tapi saya akan mengatasinya semaksimal mungkin,” ujar crosser veteran asal Belgia tersebut.

Hingga seri ke-12 di Pangkal Pinang, Van Horebeek masih tercecer di peringkat 9 dengan 257 poin. Sedangkan Romain Febvre cukup konsisten dan menempati peringkat keempat dengan koleksi 390 poin, tertinggal 143 poin dari rider Red Bull KTM, Jeffrey Herlings di puncak klasemen.

Sementara, para pebalap MXGP akan menjalani babak kualifikasi pada Sabtu (7/7) besok. Sedangkan putaran final atau final race akan dilaksanakan pada Minggu (8/7). Seluruh pebalap sudah tiba di Kota Semarang dan siap menaklukkan Seri ke 13 dari 21 seri MXGP 2018. (fen)