Jelang Pendaftaran Calon Kepala Daerah ke KPU, Partai-Partai Intensifkan Pertemuan

 

MAGELANG –  Menghadapi masa pendaftaran bakal calon pasangan Bupati-Wakil Bupati di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah partai mulai intensif menjalin komunikasi. Seperti Partai Gerindra, PKS dan Golkar yang terlihat mulai akrab untuk mengerucutkan nama bakal calon Bupati-Wakil Bupati.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Magelang, Suharno mengatakan partai yang dipimpinnya bersama dengan PKS dan Golkar sudah melakukan pembicaraan yang lebih mengerucut dalam memilih nama balon kepala daerah. “Kemungkinan masih ada partai lain yang ikut bergabung dengan koalisi ini,” katanya, Kamis (4/12).

Komunikasi intensif antar partai-partau tersebut menghasilkan kesepahaman untuk mengusung nama Zaenal Arifin dan Rohadi Pratoto. Zaenal Arifin merupakan Wakil Bupati Magelang 2013-2018, sedangkan Rohadi Pratoto adalah mantan Kepala Bapeda dan pernah mencalonkan diri sebagai Bupati Magelang berpasangan dengan Achadi (wakil ketua DPRD) pada periode sebelum ini.

“Kami sepakat mengusung nama-nama yang sudah tidak asing lagi, agar ada perubahan di Kabupaten Magelang,” katanya. Menurut Soeharno, Gerindra memiliki alasan khusus untuk mengusung Zaenal – Rohadi. Selain agar ada perubahan di Kabupaten Magelang, juga agar tidak ada lagi korban terutama bagi para birokrat. “Kami ingin calon yang merakyat dan dicintai rakyatnya,” kata Suharno.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Magelang Arif Rohman Imam PKS sudah menjalin komunikasi dengan Gerindra dan Golkar. Ketiga parpol menjalin komunikasi politik secara intensif. Ia juga tidak menampik bahwa nama yang muncul adalah Zaenal – Rohadi.

Menurutnya, Gerindra sudah mengusulkan nama. Namun nama tersebut belum pasti karena surat rekomendasi belum turun. “Kalau sudah daftar ke KPU baru fix,” ungkapnya. Imam mengatakan, PKS menginginkan ada perubahan untuk Kabupaten Magelang. Wilayah ini memiliki potensi yang luar biasa dan nantinya bisa dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat.

Imam belum bersedia membuka jadwal pendaftaran bakal calon Bupati-Wakil Bupati ke KPU di Jalan Sukarno-Hatta, Mungkid. Surat rekomendasi dari PKS saat ini sedang diproses.  DPD PKS menilai nama pasangan Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto merupakan alternatif yang kuat. “Kita sudah banyak diskusi dan memiliki harapan yang sama,” ujarnya.

Seperti diketahui, tahun 2018 ini, masyarakat Kabupaten Magelang akan mengikuti pesta demokrasi. Warga akan memilih dua pemimpin sekaligus yaitu pasangan Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Magelang. KPU membuka pendaftaran pasangan calon Bupati Magelang jalur partai politik mulai 8-10 Januari mendatang.

Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan telah menjalin komunikasi dengan beberapa parpol sejak lama. “Insyaallah, tunggu saatnya. Tunggu rekomendasi dari Parpol. Kita juga ingin Kabupaten Magelang ada perubahan,” ujarnya.

Zaenal juga mengungkapkan bahwa, meski Rohadi adalah rival Pilkada 2013, tapi dia bukan orang lain. Setelah dinobatkan menjadi pemenang Pilkada 2013, Rohadi sempat mendatangi Zaenal dan hubungan komunikasi tetap berlangsung  baik. (MJ-24)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

82 + = 83

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.