Home > Uncategorized > Jelang Kurban, Harga Sapi di Kendal Melambung Hingga 25 Juta

Jelang Kurban, Harga Sapi di Kendal Melambung Hingga 25 Juta

Sapi-sapi kurban di Desa Truko Kecamatan Kangkung Kendal   ini sudah laku untuk pelaksanaan idul adha. Foto: metrojateng.com
Sapi-sapi kurban di Desa Truko Kecamatan Kangkung Kendal ini sudah laku untuk pelaksanaan idul adha. Foto: metrojateng.com

KENDAL – Meski Hari Raya Idul Adha masih dua minggu lagi,  harga sapi kurban di Kabupaten Kendal mengalami kenaikan cukup tajam. Bahkan kenaikannya mencapai 40 persen, jika dibandingkan dengan harga pada hari biasa. Dikhawatirkan, harganya akan terus mengalami peningkatan terutama mendekati hari raya nanti.

Meski harganya melambung tinggi, permintaan hewan kurban khususnya sapi terus meningkat. Kenaikan harga hewan kurban sapi ini diperkirakan akan terus terjadi mendekati pelaksanaan Idul Adha awal Oktober mendatang.

Dari pantauan di sejumlah pedagang hewan kurban, harga sapi di Kabupaten Kendal saat ini bervariasi dari harga Rp 14 juta  hingga Rp 25 juta  per ekornya. Variasi harga tersebut tergantung jenis dan berat sapi. Sapi yang berwarna gelap harganya lebih mahal jika dibandingkan sapi berwarna terang. Selain itu, berat juga mempengaruhi harga hewan tersebut, semakin berat harganya akan semakin mahal.

Namun, variasi harga yang terjadi saat ini sudah mengalami kenaikan jika dibandingkan hari biasa. Kenaikannya bahkan mencapai 40 persen, penjual sapi di Truko mengaku pada hari biasa sapi yang paling murah dijual dengan harga Rp 10 juta, namun saat ini harganya saat ini mencapai Rp 14 juta.

Sedangkan penjual sapi di Lanji Kecamatan Pegandon  mengungkapkan peningkatannya hanya pada nilai Rp 1 juta . Peningkatan harga ini disebabkan tingginya permintaan sedangkan persediaan terbatas.

“Harga sapi mulai naik, harganya berkisar dari Rp 14 juta sampai yang termahal Rp 25 juta,” ujar Saswiyo, penjual sapi.

Sebagian sapi di dua penjual di Kabupaten Kendal sudah dipesan oleh sejumlah konsumen. Pembeli sapi kebanyakan berasal dari Kendal dan Semarang, sapi-sapi ini nantinya akan dikirim sesuai dengan alamat pembeli dua hari menjelang Idul Adha. Biasanya, seminggu menjelang hari raya kurban sapi-sapi milik mereka habis terjual. (MJ-01)

Ini Menarik!

Lewat Ikan Goreng, Perempuan Ini Selundupkan Sabu ke Ruang Tahanan

Share this on WhatsApp   SEMARANG – Seorang wanita diamankan Petugas Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) …

Silakan Berkomentar