Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Jelang Kurban, Disnakkan Boyolali Awasi Kesehatan Ternak

Jelang Kurban, Disnakkan Boyolali Awasi Kesehatan Ternak

Ilustrasi
Ilustrasi

BOYOLALI – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, meningkatkan pengawasan terhadap ternak. Terutama hewan ternak untuk kurban. Hal itu dilakukan untuk menjamin kesehatan ternak menjelang hari raya kurban.

“Menjelang hari raya kurban, pengawasan kesehatan ternak semakin diintensifkan,” kata Kepala Disnakkan Boyolali, Bambang Jiyanto, kepada wartawan.

Pihaknya secara rutin memantau kondisi ternak sapi, kambing dan ternak lainnya milik masyarakat. Pengawasan dilakukan dengan mendatangi langsung ke sentra- sentra peternakan rakyat. Seperti di Kecamatan Musuk, Cepogo, Ampel maupun Kecamatan Nogosari, Simo, Klego. Selain itu juga di pasar-pasar hewan yang ada di Boyolali.

Dalam pelaksanaan pengawasan juga sekaligus dilakukan sosialiasi terkait kesehatan ternak. Utamanya, yang akan digunakan untuk kurban. Sehingga masyarakat bisa mengetahui kondisi ternak yang sehat dan layak untuk kurban.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hewan ternak yang terjangkit penyakit. “Kami tak mau lengah mengingat beberapa waktu lalu ditemukan kasus antraks pada sapi di Kecamatan Andong,” bebernya.


Pihaknya juga menerjunkan petugas untuk memantau lalu lintas ternak. Utamanya ternak yang didatangkan dari luar daerah. Mengingat pasar hewan di Boyolali menjadi jujugan para pedagang dari luar daerah. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar