Jelang Imlek, Arca Dewa dan Pusaka Kuno Dibersihkan

Arca Dewa Langit di Kelenteng Hian Thian Siang Tee dibersihkan. (foto: metrojateng.com/MJ-23)
JEPARA – Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan Kabupaten Jepara menyimpan sejumlah usaka kuno asli Tiongkok. Hari ini, pusaka tersebut dikeluarkan untuk dibersihkan.
Pusaka itu adalah sien tjiang (kertas halus bergambar paduka Hian Thian Siang Tee), sebilah po kiam (pedang Tiongkok), satu hio lauw (tempat abu) dan satu jilid tjioe hwat (buku pengobatan dan ramalan).
Bukan hanya pusaka, arca dan tempat abu juga dibersihkan. Ya, kegiatan bersih-bersih kelenteng tersebut guna menyambut perayaan tahun baru Imlek.
Ketua Yayasan Kelenteng Welahan, Sugandi menuturkan bahwa Kelenteng Hian Thian Siang Tee merupakan kelenteng tertua karena memiliki pusaka kuno peninggalan tokoh pengobatan Tiongkok.
“Sampai saat ini masih terjaga dan terawat, karena itu pusaka Tiongkok pertama yang ada di Indonesia,” ujarnya, Rabu (7/2).
Diceritakannya, seorang Tiongkok bernama Tan Siang Hoe mencari kakaknya Tan Siang Djie ke Indonesia. Dalam perjalanan di atas kapal, ia bertemu dengan seorang Tasugagu pendeta, yang selesai bersemedi dari Pho To San di wilayah daratan Tiongkok. Yakni tempat pertapaan dari Paduka Hian Thian Siang Tee.
“Tasugagu saat itu sakit dan berhasil disembuhkan oleh Tan Siang Hoe dengan bekal obat yang dibawanya. Setelah itu ia diberi pusaka-pusaka tersebut sebagai tanda terimakasih,” ungkap dia.
Sesampainya di Semarang, Tan Siang Hoe mendapat informasi jika kakaknya berada di Welahan, Jepara. “Benar, dia bertemu dengan kakakanya dan tinggal di rumah keluarga Liem Tjoe Tien, yang sekarang menjadi kelenteng,” tabdasnya.(MJ-23)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

74 − = 66

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.