Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Jelang Idul Adha, Permintaan Kambing di Pasar Silir Mulai Meningkat

Jelang Idul Adha, Permintaan Kambing di Pasar Silir Mulai Meningkat

image
Permintaan kambing kurban mulai meningkat sekitar 25 persen. Foto Metrojateng/raditya

SOLO- Satu bulan menjelang perayaan Idul Adha, harga kambing masih stabil. Meski begitu, jumlah permintaan sudah mengalami peningkatan 30 persen seperti hari biasanya. Biasanya harga penjualan kambing meningkat tiga pekan sebelum Idul Adha tiba.
 
“Kalau harga masih stabil, hanya saya jumlah permintaan sudah bertambah. Biasanya tiga minggu sebelum Idul Adha harga sudah naik, kisaran 25 persen,” ujar Teguh (39) salah seorang pedagang hewan kambing, di kawasan Pasar Hewan Notoharjo atau yang sering dikenal Pasar Silir, saat berbincang dengan Metrojateng.com, Senin (8/9) siang.
 
Teguh yang sudah berjualan hampir delapan tahun ini menerangkan, dari tahun ke tahun jumlah permintaan kambing tetap sama. Tak ada peningkatan. Untuk kambing yang memiliki kualitas bagus, dirinya menggambil langsung dari kawasan Jawa Timur. “Ada beberapa yang ambil dari kawasan Soloraya, namun secara kualitas kambing dari Jawa Timur lebih unggul,” terang Teguh.
 
Pada hari biasa, dirinya menjual satu ekor kambing antara harga 1 juta hingga 1,5 juta. Namun tiga minggu sebelum perayaan Idu Adha, harga tersebut berubah menjadi 1,5 juta hingga 2 juta.
 
“Sudah ada beberapa kambing yang sudah dipesan, kebanyakan masih menitip di tempat ini dulu. Karena pembeli tak memiliki tempat khusus untuk merawat kambing tersebut. Ya bagi saya tak masalah, etung-etung memberi bonus khusus kepada pembeli,” paparnya.
 
Hal senada juga diungkapkan pedagang kambing lainya, Sunarso (30). Harga masih stabil hanya saja permintaan meningkat. “Kalau di tempat saya kebanyakan memesan kambing laki-laki muda, ketimbang tua,” aku pria asli Jebres ini. (rat)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar