Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Jawa Tengah Dikepung Ombak Tinggi sampai Akhir Mei

Jawa Tengah Dikepung Ombak Tinggi sampai Akhir Mei

81
0
BERBAGI

SEMARANG – Sebagian besar wilayah Jawa Tengah yang berada di tepi pantai utara maupun pantai selatan, saat ini dikepung ombak setinggi 1,2 meter sampai 3,5 meter. Analis Cuaca dari Stasiun Meteorologi Klas II Ahmad Yani Semarang, Triyotomo, menyatakan tingginya gelombang Laut Jawa maupun Lautan Samudera Hindia dipicu adanya perubahan cuaca yang sangat cepat akhir-akhir ini.

Ilustrasi
Foto: metrojateng.com/dok

“Tinggi gelombang Laut Jawa berkisar 0,2-1,2 meter. Untuk ombak Laut Selatan Jawa semakin hari kian naik mencapai 1,5 meter-3,5 meter,” ungkap Tri, Minggu (20/5).

Menurutnya Kota Semarang dan sekitarnya dalam kondisi berawan. Ia bilang terdapat perubahan arah angin dari arah tenggara dengan kecepatan 06 kilometer per jam. Sedangkan, temperatur udara di wilayah Semarang berkutat pada angka 26 derajat celcius sampai 33 derajat celcius.

Dengan kondisi itu, maka cuaca Semarang tergolong cerah berawan. Namun, ia meminta warga setempat mewaspadai potensi hujan yang muncul tidak merata terutama pada sore sampai menjelang malam pada sisi selatan Semarang.

“Ada perubahan kecepatan angin dari utara ke tenggara mencapai 10-15 kilometer per jam. Kelembapan udaranya 55-85 persen,” bebernya.

Potensi hujan lebat yang tidak merata nantinya juga muncul di sebagian pegunungan tengah, Pantura selatan dan Soloraya.

Triyotomo memperkirakan, ombak laut masih akan meninggi sampai akhir bulan ini. Ia menyarankan kepada para nelayan agar mengurungkan niatnya menjala ikan demi fakfor keselamatan. “Tunggu dulu sampai ombaknya mereda,” tandasnya. (far)