Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Jalur SSB di Boyolali Langganan Longsor

Jalur SSB di Boyolali Langganan Longsor

Jalur Boyolali-Magelang rawan longsor. Foto Metrojateng
Jalur Boyolali-Magelang rawan longsor. Foto Metrojateng

BOYOLALI – Sejumlah kecamatan di Kabupaten Boyolali masuk daerah rawan longsor. Jalur wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB) di wilayah Boyolali termasuk salah satu titik daerah yang rawan longsor. Bahkan, di jalur itu setiap musim penghujan selalu terjadi longsor. Bahkan, tak jarang menutup total akses jalan Boyolali-Magelang tersebut.

Atas kondisi tersebut, dibutuhkan alat berat yang siaga agar penanganan longsor bisa dilakukan dengan cepat. Hanya saja, sampai saat ini belum ada alat berat yang stand by baik di Kecamatan Cepogo maupun di Kecamatan Selo. Selama ini jika terjadi longsor yang menutup akses jalan, warga sekitar menyingkirkannya dengan peralatan sederhana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Suyitno, mengatakan sudah pernah mengusulkan perlunya alat berat untuk mengantisipasi material longsor. Dengan berkoordinasi bersama BPBD Magelang dan pemerintah provinsi, sudah diusulkan penempatan alat berat di jalan milik provinsi itu.

“Rencananya ditempatkan di Kecamatan Selo, namun sampai saat ini belum terwujud,” ungkap Suyitno, Senin (15/12).

Pihaknya mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaannya. Sejumlah kecamatan di Boyolali termasuk daerah rawan longsor, antara lain Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk dan Ampel yang berada di wilayah lereng gunung Merapi dan Merbabu. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar