Home > JATENG RAYA > Jalur Khusus Trans Semarang Perlu Kajian Mendalam

Jalur Khusus Trans Semarang Perlu Kajian Mendalam


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Bus Trans Semarang. (foto: doc)

SEMARANG – Rencana Pemerintah Kota Semarang membuat jalur khusus Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang mendapatkan sorotan. Pemerintah diminta harus membuat kajian yang mendalam sebelum menerapkan kebijakan tersebut.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Joko Santoso mengatakan, kajian tersebut sangat dibutuhkan agar jalur khusus BRT nantinya tidak menimbulkan persoalan. Apalagi, saat ini kondisi lalu lintas di Kota Semarang dinilai sudah lebih macet dibanding tahun sebelumnya.
”Kajian secara mendalam jalur khusus BRT jelas sangat diperlukan, supaya nantinya tidak mengganggu jalur angkutan umum lainnya. Kami khawatir kalau tidak ada kajian keberadaan jalur khusus BRT malah memperparah kemacetan seperti di Jakarta,” katanya, Jumat (3/11).
Dia berharap Pemkot Semarang dapat belajar dari Kota Solo, yang membuat jalur khusus Trans Solo hanya dengan menggunakan pembatas yang tidak permanen. Sehingga jalur khusus tersebut dapat digunakan kendaraan lain ketika misalnya terjadi kemacetan parah.
Namun kalau melihat lebar jalan di Kota Semarang, menurutnya jalur khusus BRT Trans Semarang sepertinya masih belum memungkinkan. Apalagi jumlah armada BRT Trans Semarang juga dinilai masih belum sebanyak seperti di Jakarta.
”Jadi kalau jalur khusus ini nanti hanya digunakan dalam beberapa menit sekali, kan eman eman. Lebih baik digunakan untuk jalur lain untuk memecah kemacetan yang terjadi,” jelasnya.
Dia justeru mengharapkan Pemkot Semarang lebih baik fokus memaksimalkan keberadaan BRT untuk melayani penumpang. Sehingga masyarakat dapat beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan massal milik pemerintah tersebut. ”Sehingga bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan lalu lintas,” tegasnya. (duh)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar