Jaga Tradisi, Warga Gelar Ritual Bersih-bersih Sendang Mbah Meyek

image
Ritual Sendang Mbah Meyek. FotoMetrojateng/Raditya

SOLO – Ratusan warga yang tinggal di sekitar Sendang Mbah Meyek, di kawasan Bibis, Banjarsari, Solo menggelar ritual bersih sendang, Kamis (6/11). Warga juga melakukan kirab bersama, dengan  menampilkan beberapa hasil bumi dan kesenian lainya.
 
Kasi Budaya dari Kelurahan Banajarsari, Siti Ngasiah mengatakan, puncak kegiatan ini selain kirab juga akan diadakan wayangan. Wayangan tersebut bakal berlangsung dini hari nanti hingga besok siang sekitar pukul 13.00.
 
“Kami akan terus merawat dan menjaga kelestarian sendang tersebut. Salah satunya kami mulai memberikan rambu penunjuk jalan menuju sendang. Agar memudahkan masyarakat untuk mengunjungi sendang,” ujarnya kepada Metrojateng.com.
 
Siti juga mengakui bahwa sendang tersebut sampai sekarang masih dimanfaatkan masyarakat sekitar. Pasalnya, banyak masyarakat yang menganggap bahwa sendang ini selalu memberi rezeki kepada masyarakat sekitar.
 
“Meski setiap bulan kemarau tiba, air di sendang tersebut tak pernah habis. Oleh sebab itulah masyarakat selalu menjaga dan merawat sendang ini,” katanya. (dit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.