Home > GUBERNURAN > Inilah Seluk Beluk Pedoman KHL untuk UMK 2015

Inilah Seluk Beluk Pedoman KHL untuk UMK 2015

image

SEMARANG – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Tengah, akan membawa rumusan Pergub tentang Pedoman KHL ke Kementrian Tenaga Kerja, bersama Biro Hukum dan Dirjen Hubungan Industrial di Jakarta, Senin (8/9). Setelah disetujui, Pergub baru bisa ditetapkan dan dipergunakan secara resmi.

Kepala Disnakertransduk Jateng, Wika Bintang mengatakan, Pergub itu berisi 8 Bab, 36 halaman dan 3 lampiran. Isinya antara lain aturan tentang waktu survei, berapa pasar yang disurvei, dan bagaimana pengawasannya. Sebanyak 60 item menjadi target survei KHL yang terdiri dari makanan dan minuman, peralatan rumah tangga, listrik, hiburan, serta kamar kontrakan.

Pedoman KHL yang disusun selama 10 bulan ini dibuat untuk pegawai yang bekerja di bawah 1 tahun dan masih lajang. Untuk pegawai yang bekerja di atas 1 tahun memerlukan kesepakatan sendiri antara pekerja dan perusahaan masing-masing.

“Terbentuknya Pergub tersebut juga telah melibatkan perwakilan serikat pekerja, misalnya Gerbang dan SPN serta diuji oleh pakar dari perguruan tinggi,” katanya, Kamis (4/9).

Pedoman KHL ini telah diujicoba oleh hampir seluruh 35 kabupaten kota. Setiap ada kejanggalan akan dilaporkan dan dirapatkan kembali untuk menjadi bahan perbaikan draft.(MJ-03)

Ini Menarik!

Pembangunan Proyek Vital Bandara Diprioritaskan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada proyek bangunan …

Silakan Berkomentar