Home METROJATENG PLUS Ini Testimoni Jurnalis Usai Mengendarai Toyota All New Rush

Ini Testimoni Jurnalis Usai Mengendarai Toyota All New Rush

8
0
SHARE
Para awak media mengikuti kegiatan Journalist Test Drive All New Rush bertajuk “Freedom Unlimited”, Rabu (10/1). (foto: metrojateng.com/ Anggun Puspita)

SEMARANG – Akhir tahun 2017 dealer resmi Toyota Nasmoco Group memberikan kejutan dengan meluncurkan Toyota All New Rush. Genap sebulan memasuki pasar Jawa Tengah dan DIY, mobil sport utility vehicle (SUV) ini berhasil mengambil hati konsumen di wilayah tersebut dengan pengumpulan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 350 unit.

Tampaknya kemunculan mobil baru yang mengalami perubahan dari sisi interior dan eksterior ini membawa kesan tersendiri bagi masyarakat, termasuk para jurnalis di Jawa Tengah yang mendapat kehormatan pertama menjajal langsung produk baru Toyota tersebut. Hal itu terungkap setelah mereka mengikuti kegiatan Journalist Test Drive All New Rush bertajuk “Freedom Unlimited”, Rabu (10/1).

Pada kegiatan tersebut awak media cetak maupun elektronik mengikuti kegiatan test drive yang dikemas santai dengan rute Nasmoco Kaligawe, Tol Semarang-Ungaran, Kampung Rawa Ambarawa dan Wujil Resto Ungaran.

Ada empat mobil All New Rush yang dijajal mulai tipe terendah hingga teratas baik manual atapun matic. Metrojateng.com beruntung dapat menikmati kemewahan dari All New Rush tipe teratas yakni TRD Sportivo matic.

Meski duduk di bangku penumpang, kenyamanan sangat dirasakan sejak awal perjalanan hingga akhir. Apalagi kami didampingi langsung oleh Instructur Nasmoco Training Center Nur Fauzi yang menjelaskan detil spesifikasi mobil tersebut.

Wartawan dari Radar Tegal, Bayu Damara yang duduk di posisi pengemudi menuturkan, All New Rush cocok untuk konsumen perempuan. Hal itu dituturkan sesaat menjajal teknologi Hill Start Assist Control (HSA) yang berfungsi mencegah mobil mundur saat posisi menanjak meskipun rem dan gas dilepas.

“Tanpa HSA mobil pasti akan nglondor (mundur) ketika berhenti mendadak pada posisi menanjak. Tapi karena sudah ada teknologi HSA kendala itu bisa tertangani dan tidak membuat panik pengemudi,” ungkapnya.

Teknologi HSA sudah disematkan di semua tipe All New Rush. “Ini merupakan satu kelebihan yang dimiliki produk baru Toyota tersebut. Tidak hanya memberikan keamanan tapi juga kenyamanan berkendara,” Instructur Nasmoco Training Center, Nur Fauzi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, masih banyak lagi perubahan dari All New Rush baik sisi interior atau eksterior. Dari interior, khusus tipe TRD Sportivo pada audio dilengkapi option Weblink yang dapat dihubungkan dengan aplikasi di telepon selular. Kemudian dilengkapi juga AC Automatic yang suhunya bisa menyesuaikan dengan kondisi di dalam dan di luar ruangan.

“Jadi misalnya kalau kita berpergian di daerah dataran tinggi dan udara luar dingin, suhu AC di dalam mobil akan menyesuaikan menjadi lebih hangat,” kata Fauzi.

Namun, kesan kami saat berada didalam All New Rush adalah kenyamanan dari sistem suspensi yang membuat kami tidak merasakan goncangan saat berkendara. “Kayak naik jet, mungkin itu istilah yang pantas.” Disamping itu, disempurnakan juga oleh Vehicle Stability Control (VSC) yang ada di depan dan belakang mobil sehingga membuat mobil tetap stabil saat melaju walaupun di tikungan.

Keistimewaan itu juga disepakati oleh teman media yang berada tidak semobil dengan kami. Heru Godzy, jurnalis dari Otojateng pun menuturkan, All New Rush beda jauh dengan generasi sebelumnya.

“Setir lebih ringan, suspensi lebih nyaman, audio oke. Asyik pokoknya dan desainnya kekinian,” tuturnya.

Bahkan, istilah Palugada mungkin pantas diberikan untuk mobil dengan harga Rp 249,3 juta hingga Rp 269,3 juta ini. Tidak saja dilengkapi enam air bag, tetapi colokan USB untuk mengisi daya handphone pun ada di setiap baris kursi. Sehingga para jurnalis yang mengendarai tetap bisa berkomunikasi dan update berita atau berbagi informasi selama mengikuti test drive tersebut. (Anggun Puspita)

iklan dprd