Ini Rincian Kesalahan Hitung Uang Transport GTT Kendal

Ilustrasi

KENDAL – Terkait kesalahan penganggaran yang diterima ribuan Guru Tidak Tetap (GTT) Komisi D DPRD Kendal segera memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak 2.150 GTT dan PTT di Kabupaten Kendal harus mengembalikan bantuan sebesar 50 persen atau sekitar Rp 1.408.000. Uang bantuan itu mereka terima selama delapan bulan yang dimulai April hingga November 2017.

Setiap bulan GTT/PTT menerima uang transport Rp 400 ribu/orang. Pemberian uang itu diserahkan setelah mereka mengikuti kegiatan seperti seminar dan lain sebagainya.

Ketua Komisi D DPRD Kendal, Akhmat Suyuti, mengaku, pihaknya sangat prihatin terkait nasib yang menimpa ribuan GTT/PTT tersebut. Hal itu, karena gaji pegawai tersebut tidak seberapa, tetapi harus mengembalikan uang dalam jumlah cukup besar. ”Dalam waktu dekat kami segera mengundang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menanyakan kenapa permasalahan itu bisa terjadi,” kata dia, Senin (19/2).

Pihaknya sangat menyayangkan kejadian itu bisa terjadi. Dinas terkait seharusnya bisa lebih teliti dalam menganggarkan untuk GTT/PTT. Sebab, guru maupun pegawai tidak tetap itu, tidak melakukan hal yang melanggar hukum. ”Saya sangat prihatin kejadian itu. Berapa sih gaji mereka dalam satu bulan. Belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, Agus Rifai, menyatakan, tidak semuanya uang transportasi yang diterima selama 2017 dikembalikan. Dijelaskan, uang yang dikembalikan, yakni kelebihan uang transport diterima oleh para GTT dan PTT yang besarnya Rp 1.408.000.

Hal itu menjadi temuan dari BPK Jateng, karena terdapat perbedaan penafsiran antara uang saku dan uang transport oleh para GTT saat dikroscek oleh BPK. ”Panduan kami dalam pemberian uang saku itu adalah Perbub Nomor 40 Tahun 2016 tentang Standarisasi Biaya Tahun Anggaran 2017. Dalam perbut itu menyatakan uang saku kegiatan besar nominalnya adalah 200 ribu sedangkan uang transportasi nominalnya 100 ribu,” tutur dia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

7 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.