Home > Uncategorized > Ini Penyebab Terbakarnya Bus Rosalia Indah di Bawen

Ini Penyebab Terbakarnya Bus Rosalia Indah di Bawen

image

BAWEN – Kebakaran Bus Rosalia Indah AD 1689 DA, Senin (28/7) diduga karena kerusakan sistem pengereman bus jurusan Palembang-Blitar itu.  Peristiwa yang terjadi di jalur utama Semarang-Solo tepatnya di sekitar Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang (500 meter dari Banaran Coffe) itu juga mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dari dua arah sepanjang 3 kilometer. Bahkan kemacetan terjadi hingga exit tol Bawen.

Petugas Satlantas Polres Semarang bersama empat regu mobil pemadam kebakaran dan tim medis PMI Kabupaten Semarang berusaha memberikan pertolongan dan mengatur arus lalulintas. Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebaran dari Pemkab Semarang serta Pemkot Selatiga dan Pemadam Kabaran dari PT Apac Inti Corpora.

Menurut Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Alil Rinenggo, dugaan sementara api muncul dari perangkat pengereman kanan belakang yang mengunci. Karena dipaksa bekerja sehingga keluar percikan api yang akhirnya membakar seluruh bus. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena penumpang berhasil keluar sebelum bus terbakar seluruhnya.

“Itu baru dugaan sementara, untuk kepastiannya menunggu hasil penyelidikan. Menurut Alil tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena penumpang dan awak bus berhasil keluar sebelum api membakar seluruh bus.

Sopir bus Rosalia Indah, Anas Jaya (31) warga Jalan Menur, Ngampel Mejayan, Kabupaten Madiun mengatakan, bus yang disopirinya itu adalah bus cadangan bernomor lambung 242. Bus berangkat dari Gringsing Kabupaten Batang, untuk mengangkut penumpang dari bus Rosalia lainnya yang mengalami kerusakan mesin.

“Ada tiga kru dan 28 penumpang yang kami angkut dari Gringsing. Sebelum berangkat kami sudah cek dan kondisinya normal. Saya tahu ada masalah ketika ada pengemudi mobil menyalip dan memberitahu bagian belakang bus keluar asap,” tutur Anas.

Anas selanjutnya menepikan bus untuk mengecek mesin busnya. Setelah di cek ternyata ada gangguan mesin karena asap terus keluar dari bagian belakang bus. Melihat kondisi itu, kru bus langsung meminta seluruh penumpang turun karena asap dan api mulai membesar. Api dengan cepat melalap seluruh bagian bus. (MS-14)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar