Home > HEADLINE > Ini Lho Biang Bikin Jalan Kebo di Kendal

Ini Lho Biang Bikin Jalan Kebo di Kendal

KENDAL – Penyebab utama jalan utama di Desa Kedungasri, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal rusak adalah kerap dilalui truk bermuatan tanah galian c untuk proyek embung. Jalan yang menghubungkan Desa Kedunggading dan Desa Ngerjo sudah delapan tahun tidak pernah tersentuh perbaikan.

Kondisi itu dikeluhkan warga, karena mengganggu aktivitas mereka. Sebab, jalan sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer merata rusak parah yang dimulai dari batas Desa Kedunggading-Kedungasri hingga batas Desa Kedungasri-Ngerjo. Warga harus ekstra hati-hati, karena banyak lubang jalan.

”Jalannya rusak parah mas. Banyak sepeda motor yang kerap terperosok. Beberapa waktu lalu ada petugas yang melakukan pengukuran, tetapi hingga sekarang belum pernah diperbaiki,” kata Ahmad warga sekitar, Rabu (25/1).

Kepala Desa Kedungasri, Achmat Supriyanto, mengatakan, ruas jalan yang rusak panjangnya sekitar 2,5 kilometer. Jalan itu merupakan akses utama yang menghubungkan antardesa dan merupakan satu-satunya jalur bagi warga untuk keluar masuk desa. Menurutnya, jalan rusak sudah berlangsung sekitar delapan tahun dan belum pernah dilakukan perbaikan.

”Saya sudah melaporkan kondisi jalan rusak itu kepada kecamatan maupun dinas terkait. Jalan itu merupakan jalan kabupaten, sehingga wewenangnya ada di pemkab,” kata kades yang dilantik Desember 2016 tersebut.

Menurutnya, salah satu penyebab jalan rusak, karena kerap dilalui truk yang bermuatan tanah galian dari pembangunan embung yang ada di sebelah barat pintu air masih di desa tersebut. Truk-truk tersebut membawa muatan dan kerap melintas di sana. ”Tidak sedikit warga yang mengeluh kepada saya soal jalan rusak ini,” terangnya.

Sekdes Kedungasri, Sanuri, menambahkan, saat musim panas jalan penuh debu, sehingga mengganggu pernapasan, sedangkan paska hujan jalan berubah menjadi seperti arena offroad. Dikatakan, sudah banyak pengguna jalan termasuk warga yang mengendarai sepeda motor terperosok ke lumpur maupun masuk ke saluran irigasi di sisi utara jalan tersebut.

”Kami dari desa berharap perhatian dari pemerintah kabupaten,” katanya. 

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal Winarno, mengatakan, jalan rusak tersebut sudah dianggarkan dalam APBD Kendal 2017. Ruas jalan akan dibeton dengan nilai anggaran Rp 3 miliar.

”Masuknya pekerjaan peningkatan jalan tahap dua dengan ruas Mojo-Kedungasri,” tuturnya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Buka Kelas Industri, SMK 7 Didukung Bengkel Mini Bintrako Dharma

Share this on WhatsApp SEMARANG – Zaman sekarang hanya berbekal keterampilan saja tidak cukup bagi …

Silakan Berkomentar