Ini Kisah Mahasiswa USM Mengajar di Thailand

.ahasiswa usm
Ferdiansyah Permana Nindhita. (Foto: metrosemarang.com/ade lukmono)
SEMARANG – Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) bernama Ferdiansyah Permana Nindhita merasa beruntung lantaran bisa menambah pengalamannya dengan mengajar di luar negeri. Adalah Sangkhom Islam Wittaya School yang terletak di provinsi Hat Yai, Kota Sadao, Desa Banloom, Thailand yang menjadi lokasinya belajar dan bertukar pikiran dengan teman dan murid barunya pada 1 Februari hingga 5 Maret 2018.
Ferdiansyah merupakan satu dari tiga mahasiswa yang ditunjuk USM untuk menjadi volunteer di sana. Sebelum mengajar, dia harus mempersiapkan segalanya, termasuk bahan ajar hingga belajar bahasa Thailand agar lebih cair dalam berkomunikasi.
Mahasiswa angkatan 2015 ini merasa bersyukur karena USM mendukung penuh mulai dari akomodasi, tiket pesawat, makan, dan sebagainya. Bahkan dukungan dari keluarga juga menjadi penyemangat para pelajar berprestasi ini.
“Awalnya diantar ke tempat project, dan diarahkan ke tempat learning home selama tiga hari untuk pembekalan dan pengenalan budaya oleh VSA. Kemudian tiga hari di tempat organic farm (kebun) di mana tempat ini adalah tempat project peserta lain, yaitu berkebun, memberi makan ternak dan sebagainya,” jelasnya, Rabu (14/3).
Kemudian dia ditempatkan di kantor IT Support. Di samping bekerja di kantor, dia juga mendapat jadwal untuk mengajar di kelas laboratorium komputer untuk mengajar anak anak sekolah.
Selama di Thailand, dia mendapatkan tantangan, yaitu harus cermat dalam memilih makanan yang halal. Di sisi lain, banyak hal yang menurutnya sangat menyenangkan di Thailand, yakni murid-murid di sana sangat bahagia kedatangan guru dari luar negaranya untuk menyimak budaya dari negara lain. (ade)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 + = 87

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.