Ini Fungsi Lain Water Canon Polres Kendal

Water canon milik Polres Kendal. (foto: metrosemarang.com/Edi Prayitno)

 

KENDAL – Polres Kendal mendapatkan bantuan mobil water canon. Mobil ini biasanya digunakan untuk menghalau massa saat terjadi demontrasi atau unjuk rasa. Namun mobil water canon milik Polres Kendal ini nantinya tidak hanya untuk menghalau masa tetapi akan digunakan untuk kepentingan lainnya.

Salah satunya sebagai bantuan mobil pemadam kebakaran jika dibutuhkan dan droping air bersih kepada warga yang kekurangan air bersih saat musim kemarau. Kapolres Kendal AKBP Adi Wijaya mengatakan, mobil water canon ini bantuan dari pusat untuk menunjang kerja polisi.

“Nantinya juga bisa digunakan untuk kepentingan warga seperti droping air bersih saat kemarau dan membantu pemadam kebakaran,” katanya. Mobil water canon ini dilengkapi peralatan cangih, seperti kamera pemantau. Ia juga mempunyai tangki berkapasitas 5.000 liter.

Menurut Kapolres, saat ini peralatan dan perlengkapan untuk menunjang kinerja Polres Kendal sudah cukup. Terkait bantuan, tidak semua polres mendapatkannya. Pemberian bantuan sesuai dengan skala prioritas. 

Peristiwa unjuk rasa di Kendal sendiri tidak terlalu sering terjadi. Tetapi karena sebagian wilayah Kendal berupa hutan dan kerap terjadi kebakaran, bantuan berupa kendaraan penyemprot air itu diberikan.

‘’Kasus yang cukup menonjol yakni kebakaran Pasar Pagi Kaliwungu. Selain itu jika polres tetangga membutuhkan, kami siap membantu. Sementara angka unjuk rasa di Kendal jumlahnya sangat kecil,’’ jelasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.