Ini 5 Alasan Mengapa Motor Perlu Servis Berkala

manfaat servis motor
Ilustrasi

Mengapa sebaiknya kita perlu melakukan servis motor secara berkala? Setyo Budy Cahyanto selaku Technical Service Supervisor Astra Motor Jateng membeberkan keuntungannya:

1. Menjaga performa motor

Komponen di dalam motor akan mengalami perubahan seiring dengan penggunaannya. Seperti saringan udara dan sistem bahan bakar yang kotor serta kondisi setelan mesin dan lain-lain. Saat servis berkala, komponen tersebut akan dibersihkan dan akan disetel ulang jika mengalami perubahan. Dengan begitu, performa kendaraan akan selalu maksimal.

2. Mengetahui kondisi spare parts

Dengan melakukan servis secara rutin, maka kerusakan pada mesin motor bisa terdeteksi sejak awal. Ini juga untuk menghindari kerusakan parah agar biaya perawatan tidak membengkak.

3. Mengurangi risiko mogok

Motor mogok disebabkan karena adanya masalah pada sistem pengapian bahan bakar dan tekanan mesin. Jika melakukan servis secara berkala, maka risiko mogok di jalan bisa dicegah karena sudah terdeteksi sejak awal.

4. Biaya perawatan akan lebih hemat

Jika kerusakan pada motor terdeteksi lebih awal, maka biaya perawatan pun akan lebih murah. Dengan menunda-nunda waktu servis, bisa jadi menyebabkan kerusakan motor menjadi semakin parah dan berimbas pada komponen lainnya, sehingga biaya perawatan pun akan lebih mahal.

5. Berkendara lebih aman dan nyaman

Dengan rutin melakukan servis, konsumen akan tahu kondisi spare parts motornya dan akan menggantinya jika sudah aus. Dengan mengetahui sebelum terjadi ke-aus-an, akan membuat pengendara lebih aman karena terhindar dari kecelakaan karena kondisi motor. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 4 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.