Indahnya Pemandangan dari 1.000 Anak Tangga dan Gardu Pandang Rolak Sewu

Gardu Pandang Rolak Sewu di Dusun Seseh, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. (Foto: istimewa)
SEMARANG – Dusun Seseh, Desa Wirogomo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang memiliki destinasi baru yang berani bersaing dengan wisata panorama lainnya karena keindahan alam yang disajikannya. Adalah Gardu Pandang Rolak Sewu, yang berada di puncak Gunung Kelir yang akan menghamparkan pemandangan yang indah.
Warga setempat, Surani mengatakan, Gardu Pandang Rolak Sewu menawarkan pemandangan Rawa Pening, Gunung Telomoyo, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan gunung-gunung lain, ditambah dengan keramah-tamahan warga akan meninggalkan sejuta kesan.
“Gardu pandang ini merupakan destinasi pariwisata yang menjadi andalan di kelurahan Wirogomo karena sebelum sampai ke Gardu Pandang Rolak Sewu harus melalui akses jalan yang cukup menantang,” katanya.
Untuk sampai ke puncak Rolak Sewu, lanjutny, harus melewati jalan dengan tanjakan dan tikungan yang terbilang tajam. Namun, hal tersebut menjadi tidak terasa lantara  di sepanjang perjalanan terhampar pemandangan perbukitan yang indah.
Akses jalan menuju Gardu Pandang tidak dapat dilewati oleh mobil. Wisatawan hanya dapat menggunakan kendaraannya sampai dengan tempat parkir. Perjalanan selanjutnya untuk menuju puncak Rolak Sewu wisatawan harus melewati seribu tangga.
Hal ini sesuai dengan nama pariwisata, yaitu Rolak Sewu yang berasal dari kata Rolak yang artinya “tangga” dan sewu artinya “seribu”, sehingga wisata rolak sewu diartikan sebagai wisata seribu tangga.
Wisata ini sangat cocok untuk yang gemar mendaki. Bagi wisatawan yang tidak terbiasa naik ke puncak tinggi biasanya akan merasa sesak di dada, tetapi jangan khawatir di area tanjakan bisa menemukan penawarnya dengan mencabut sebuah tanaman yang memiliki aroma terapi yang akan mengurangi rasa sesak di dada.
Semua rintangan tersebut akan lenyap tergantikan dengan keindahan puncak gunung Gardu Pandang Rolak Sewu yang memanjakan mata. Bentangan warna biru langit yang berpadu dengan warna hijau yang dipancarkan oleh alam membuat sempurna pemandangan puncak Gardu Pandang Rolak Sewu. Destinasi wisata seperti ini wajib dikunjungi karena alam selalu memberi keindahan yang membuat orang-orang yang menikmatinya untuk terus bersyukur. (ade)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

82 − = 80

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.