Husein-Sadewo Dominasi Suara di Pilkada Banyumas

BANYUMAS – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP), melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), merilis hasil perhitungan suara di Pilkada Kabupaten Banyumas 2018 dari 27 kecamatan. Dari rincian yang disampaikan oleh Kepala BSPN DPC PDIP Jarot C Setyoko, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas nomor urut 2, Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono yang diusung tiga partai yakni PDIP, Nasdem, dan Demokrat mendominasi perolehan suara di 23 kecamatan.

Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Jarot C Setyoko (duduk kedua dari kanan) bersama tim, merilis perhitungan suara di Pilkada Banyumas 2018, di Kantor DPC PDIP Banyumas, Jalan Adhiyaksa, Purwokerto, Senin (2/7). Foto: metrojateng.com

Hasil rilis BSPN DPC PDIP, perolehan suara pasangan Husein-Sadewo 501.728 suara atau 55,69 persen. Sedangkan, untuk pasangan calon no 1, Mardjoko-Ifan Haryanto memperoleh 406.281 suara atau 44,31 persen.

“Suara yang dirilis berdasarkan input data dari 3.148 TPS. Sedangkan untuk 38 TPS tidak kami input, hal itu karena menghormati proses perhitungan di KPU Banyumas,” kata Jarot C Setyoko, di Kantor DPC PDIP, Senin (2/7).

Jarot menambahkan, dari perhitungan suara tersebut, Husein-Sadewo kalah di 4 kecamatan yakni Purwokerto Barat, Purwokerto Utara, Rawalo dan Ajibarang. Diakui, perolehan suara yang diperoleh oleh Husein-Sadewo lebih kecil dari perkiraan. Sebelumnya DPC PDIP Banyumas memasang target kemenangan di atas 60 persen. Fakta di lapangan, pasangan yang diusung PDIP hanya mendapat 55,69 persen.

“Kami menganalisis penurunan suara disebabkan karena badai wuwur (politik uang) yang menerpa H-3 sampai hari H pencoblosan. Kami tidak menuduh pihak lawan, hanya ada pihak-pihak yang ingin mempengaruhi hasil pemilu untuk berbagai kepentingan,” tambahnya.

“Rilis hasil perhitungan suara oleh BSPN DPC PDIP bukan klaim kemenangan pihak kami. Rilis tersebut hanya laporan tugas pengawalan rekapitulasi perolehan suara yang diinstruksikan oleh partai,” tegasnya.

Sampai hari ini, Senin (2/7) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, hanya mempublikasikan hasil hitung cepat 71,82% perolehan suara pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banyumas 2018. Dari hasil sementara tersebut, pasangan calon nomor 1, Mardjoko-Ifan Haryanto mendapat perolehan 294.726 suara atau 44,55%.

Adapun pasangan calon nomor urut 2, Ahmad Husein-Sadewo Tri Lastiono lebih unggul dengan perolehan 366.899 suara atau 55,45%. Jumlah suara itu terdata berasal dari 2.284 TPS yang telah terekap, sedang di Banyumas ada 3.180 TPS. (MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.