Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Hujan Deras, Tiga Kelurahan di Solo Tergenang 

Hujan Deras, Tiga Kelurahan di Solo Tergenang 

22
0
BERBAGI
Air hujan memasuki rumah warga di Kelurahan Kedunglumbu, pada Rabu (7/2). (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

 

SOLO – Hujan deras yang meguyur kota Solo sejak sore hingga malam hari, akibatkan beberapa kampung di Solo tergenang. Genangan air tersebut disebabkan oleh drainase yang tak bisa menampung banyaknya debet air hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Eko Prajudhy Noor Aly mengatakan hujan terjadi merata di setiap wilayah di Solo. Pihaknya juga mendapat laporan dari Kelurahan Kedunglumbu dimana terdapat dua RW yang tergenang air.

“Di RW03 dan RW07 Tegalkonas. Ya dua RW itu yang sudah terdampak genangan air,“ ujarnya.

Petugas BPBD sedang memperlebar drainase di Kelurahan Semangi pada Rabu Malam (7/2) agar air hujan bisa segera surut. (foto: metrojateng.com/MJ-25)

Tak hanya di Kedung Lumbu, Kelurahan Sumber, dan Kelurahan Semanggi, di RW04 dan RW05 juga tak luput dari genangan, bahkan di kampung tersebut genangan air mencapai 40cm. Genangan air di Kelurahan Semanggi terjadi karena saluran air di pintu air menuju Sungai Bengawan Solo terlalu kecil. Alhasil air berbalik mengarah ke pemukiman warga.

“Tak bisa menampung debit air besar juga curah hujan tinggi,” kata Lurah Semanggi, Sularso. Hingga saat ini belum ada data pasti jumlah rumah yang terendam. Pihak BPBD telah mengevakuasi para warga untuk menuju ke posko pengungsian. Hingga berita ini diturunkan, hujan dengan intensitas tinggi masih menguyur kota Solo dan sekitarnya. (MJ-25)