Hujan Abu Mengguyur Sejumlah Wilayah di Magelang

MAGELANG – Hujan abu mulai mengguyur 3 kecamatan pasca erupsi Gunung Merapi tadi pagi pukul 08.20 wib. Tiga kecamatan meliputi Kecamatan Pakis, Sawangan dan Ngablak.

Pembagian masker di Sawangan Kabupaten Magelang. Foto: ch kurniawati

“Data ini masih sementara per pukul 10.00 WIB, karena berdasarkan pantauan, material masih di atas,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Jumat (1/6).

Dari tiga kecamatan tersebut, lanjut Edi, ada 11 dusun yang terkena hujan abu dengan intensitas berbeda. Antara lain untuk kecamatan Sawanfan Desa Wonolelo, hujan abu mengguyur desa Senden, Windusabrang, Wirosoko, Denokan, Panggung, Pelem, Plutungan, Ketep. Kemudian Pogalan, Ketundan, Kragilan (Pakis), dan desa Pagergunung dusun  Sumberejo (Ngablak).

Menurut Edi, ketebalan abu yang mengguyur daerah-daerah tersebut bervariasi. Yang agak tebal terpantau di Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Pakis.

Sementara itu, Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto mengatakan, kesiapan BPBD dan relawan sudah terkoordinir sehingga adanya erupsi sudah langsung bisa dikondisikan.

Menurut Bupati, sejauh ini, menurut informasi BPPTKG kondisi masih aman dan tidak ada erupsi lanjutan. Kami harap, warga Magelang tetap tenang dan waspada,” kata Tavip.

Adapun untuk penanganan wilayah yang terdampak hujan abu, Tavip mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan masker. Masker-masker tersebut sudah terdistribusi di kantor kecamatan.

“Kita kerjasama dengan Polres dan Kodim untuk pendistribusian. Masker ini sudah siap dibagikan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ungkapnya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.