Home > JATENG RAYA > HUT RI 72, 9 Ribu Narapidana di Jawa Tengah Akan Dapat Remisi

HUT RI 72, 9 Ribu Narapidana di Jawa Tengah Akan Dapat Remisi

Iustrasi

SEMARANG – Sebanyak 9.000 narapidana berbagai kasus di Jawa Tengah diusulkan mendapat potongan masa tahanan (remisi) saat perayaan HUT RI Ke-72 berlangsung pada Kamis (17/8) besok.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah dan Yogyakarta, Ibnu Chuldun mengatakan jumlah narapidana yang memperoleh remisi itu diperkirakan masih bisa bertambah tergantung penetapan surat keputusan (SK) yang diteken Menkumham Yassona Laoly.

“Jumlah yang kami usulkan angka pastinya masih terus diupdate. Tetapi kami perkirakan jumlahnya mencapai 9.000 narapidana di seluruh lapas Jateng dan Yogyakarta,” ungkap Ibnu kepada metrosemarang.com, Rabu (16/8).

Ia menjelaskan pemberian remisi akan dipusatkan di Lapas Kelas IA Kedungpane. Menurutnya saat ini pemberian remisi masih diproses oleh tiap pengelola lapas. Meski begitu, ia menegaskan semua narapidana akan mendapatkan remisi sesuai masa tahanan serta kelengkapan administrasinya.

Lebih lanjut, ia menerangkan pada tahun ini pihaknya mulai membenahi bangunan lapas serta sarana dan prasarana di dalamnya. Perbaikan akan difokuskan untuk Lapas Nusakambangan. Hal ini dilakukan demi mempersiapkan penambahan kapasitas ruang tahanan.

“Ada dua UPT blok tahanan di Nusakambangan yang akan ditambah kapasitasnya. Dari semula hanya 200 orang, nantinya ditambah 300 orang sehingga total keseluruhannya mencapai 500 narapidana,” tukasnya. (far)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *