Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Hindari Tabrakan, Truk Gandeng Timpa Sedan di Jalan Lingkar Kaliwungu

Hindari Tabrakan, Truk Gandeng Timpa Sedan di Jalan Lingkar Kaliwungu

214
0

KENDAL – Sebuah sedan Toyota Vios ringsek setelah tertimpa truk gandeng yang mencoba menghindar tabrakan dengan truk dump di jalan Lingkar Kaliwungu Kendal, Jumat (6/7) siang. Beruntung sopir sedan berhasil selamat meski sempat terjepit, sementara arus lalu lintas macet panjang karena gandengan truk melintang di tengah jalan.

Kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Kaliwungu, Jumat (6/7). Foto: edi prayitno

Kondisi mobil sedan Toyota Vios bernomor polisi B-1316-WBD ringsek bagian depan, setelah tertimpa truk gandeng bermuatan tepung. Sopir sedan, Debi, karyawan PT KIK sempat terjepit di dalam mobil. Beruntung korban berhasil diselamatkan warga dan dilarikan ke rumah sakit di Semarang karena terluka.

Kecelakaan di jalur lingkar Kaliwungu Kendal ini terjadi diduga akibat truk gandeng bernomor polisi AG-8148-VA mencoba menghindari tabrakan dengan truk dump yang melawan arah. Truk gandeng yang dikemudikan Suwandi Sarip warga Kediri Jawa Timur, melaju dari arah barat. Sesampainya di depan rumah makan Pangestu, truk dump bernomor polisi K-1814-CC yang dikemudikan Sabarudin warga Kaliwungu melawan arah hendak memotong jalan.

Truk gandeng yang kaget mencoba menghindar, dengan membanting kemudi ke kanan namun justru terguling. Bak truk gandeng sempat menabrak truk dump sedangkan dari arah berlawanan mobil sedan tertimpa truk gandeng hingga ringsek.

Menurut saksi di lokasi kejadian mobil sedan posisinya berhenti karena ada truk dump yang hendak memutar arah. “Saat truk dump yang melawan arah berada di tengah jalan truk gandeng mencoba menghindar hingga terguling,” ujar Sapto saksi di lokasi kejadian.

Sedangkan sopir truk dump mengaku melawan arus agar mempercepat waktu karena jika memutar jaraknya terlalu jauh. “Kalau memutar sesuai jalur jauh mas sampai di Sumberejo, biasanya truk dump yang habis bongkar disini melawan arah dan memutar di potongan jalan depan Pangestu,” tutur Sabarudin, sopir truk dump.

Sementara itu kernet truk gandeng mengatakan, laju truknya berjalan tidak terlalu kencang dari arah barat. Sopir kaget truk dump melawan arah dan mencoba memutar arah. “Menghindari tabrakan, sopir mencoba membanting kemudi ke kanan namun jarak terlalu dekat, benturan dengan truk dump dan terguling menimpa sedan,” kata Satrio, kenek truk gandeng.

Petugas Satlantas Polres  Kendal yang datang ke  lokasi  melakukan olah TKP dan memintai keterangan sopir truk. Sedangkan sopir sedan Vios mengalami luka ringan dan di bawa ke rumah sakit di Semarang. Muatan truk gandeng berupa tepung tumpah di jalan dan mengakibatkan arus kendaraan dari arah barat tersendat. Kasus ini  masih dalam pananganan Satlantas Polres Kendal. (MJ-01)