Hijaukan Lereng Menoreh, PLN Tanam 1.000 Pohon Kopi

MAGELANG – Sebanyak 1.000 bibit pohon kopi ditanam di Bukit Menoreh, Dusun Selorejo, Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang. Bibit pohon itu diberikan PLN kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Argo Kencono dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (22/6).

PLN Area Magelang bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman pohon kopi dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia, di lereng Bukit Menoreh, Ngargoretno Salaman Kabupaten Magelang, Jumat (22/6). Foto: ch kurniawati

“Ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap lingkungan, dengan harapan bantuan bibit pohon ini dapat berkontribusi untuk menghijaukan lingkungan terutama Bukit Menoreh dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Ngargoretno,” kata Manajer PLN Area Magelang, Yunarsih.

Menurutnya, kegiatan ini juga selaras dengan misi PLN yaitu untuk menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. Pada bulan ini, selain memberikan bantuan 1.000 bibit pohon di Magelang, PLN juga melaksanakan program penghijauan dengan penanaman pohon di wilayah lain yang masih menjadi wilayah kerja PLN Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta. Total bantuan bibit yang diberikan sebanyak 2.500 pohon.

Yunarsih mengemukakan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara PLN dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang serta BPBD setempat.

Bibit kopi yang ditanam di bukit Menoreh ini, nantinya akan dikelola oleh Gapoktan Argo Kencono. Dipilihnya Menoreh, karena bukit ini merupakan daerah kritis rawan bencana tanah longsor terutama pada musim hujan dan kekeringan saat kemarau, selain juga untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Ngargoretno.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PLN. Sebab telah memberikan bantuan yang sangat bermanfaat untuk konservasi lahan dan air juga mitigasi bencana.

“Kita berharap nantinya daerah ini tidak kekeringan saat kemarau dan tidak longsor saat hujan, serta untuk nilai ekonomi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto juga berharap agar bantuan ini mampu membantu menanggulangi bencana di Bukit Menoreh. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

25 − = 16

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.