Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Hijaukan DAS Krasak, GP Ansor dan PLN Magelang Tanam 7.000 Pohon

Hijaukan DAS Krasak, GP Ansor dan PLN Magelang Tanam 7.000 Pohon

tanam pohon magelang
MUNGKID– Kerusakan parah pascaerupsi merapi dan banjir lahar dingin butuh penanganan segera. Pasalnya, rehabilitasi itu membutuhkan waktu puluhan tahun bahkan lebih.
“Apalagi sekarang diperparah dengan penambangan pasir. Bupati yang telah melarang pengoperasian alat berat harus diikuti langkah reboisasi.,” kata Ketua GP Ansor Habibullah. Untuk itu, program rehabilitasi harus segera dicanangkan.
Ansor dan PLN APJ Kota Magelang memulai aksi rehabilitasi itu dengan menanam 7.000 bibit pohon di daerah aliran Sungai Krasak Srumbung Kabupaten Magelang. “Pendekatan ini membuat normalisasi menimbulkan rasa takut karena berarti penggusuran dan penambagan. Normalisasi sungai seharusnya menempatkan lingkungan, biota dan ekosistem sungai kembali pada presepsi lokal komunitas,” kata Chabibullah seusai penanaman.
Asmen Perencanaan dan Evaluasi Area Magelang Hariyadi mengatakan pihaknya menanam 7.000 bibit tanaman untuk kawasan lereng Merapi terutama DAS Kali Krasak. Diharapkan penghijauan ini akan bisa mengembanglikan bantaran sungai menjadi hijau sehingga mencegah erosi.
Menurut Hariyadi bibit tanaman tersebut terdiri dari 2.000 bibit tanaman keras dan 5.000 bibit kayu. Tanaman keras seperti bringin, mahoni, albasia dan gayam ditanam di bantaran sungai berpasir. (MJ-14)

Ini Menarik!

Petugas Keamanan Karaoke Tewas Ditikam Pengunjung

Share this on WhatsApp      MAGELANG – Joko Wahartono (57), seorang petugas keamanan karaoke …

Silakan Berkomentar