Home > JATENG RAYA > Hendi Relakan iJus Melon Diduplikat Daerah Lain

Hendi Relakan iJus Melon Diduplikat Daerah Lain

Hendi menerima penghargaan Inovasi Top 40.

SEMARANG – Inovasi penerapan sistem perijinan usaha mikro melalui aplikasi iJus Melon (Ijin Usaha Mikro Melalui Online), telah membawa Wali Kota Semarang meraih penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik.
Wali Kota Hendi, panggilan akrabnya, telah menerima penghargaan itu dari pemerintah pusat di Stadion Manahan Surakarta, Jumat (25/8).
Melalui aplikasi ini pelaku usaha mikro bisa mendapat legalitas usahanya dalam 4 menit. Setelah itu bisa mendapat bantuan permodalan dan pendampingan usaha.
Misalnya, bantuan Kredit Wirausaha Bangkit jadi Jawara, atau Kredit Wibawa dari Pemkot Semarang dengan bunga hanya 3% per tahun.
Wali Kota Hendi mengatakan, tahun 2012 total omzet UMKM di Kota Semarang hanya sebayak Rp 314 miliar, dan hanya meningkat sedikit pada tahun 2015 menjadi Rp379 miliar.
“Barulah pada tahun 2016, setelah aplikasi ijin usaha online ini diterapkan, total omzet pelaku usaha di Kota Semarang melonjak menjadi Rp 726 miliar.
Tidak hanya pada omzet, pada penyerapan tenaga kerja pada sektor UMKM pun mengalami lonjakan tajam di 2016. Yang semula pada tahun 2012 sebanyak 17.511 tenaga kerja, dan meningkat sedikit di tahun 2015 sebanyak 18.810 tenaga kerja, pada tahun 2016 melonjak menjadi 29.770 tenaga kerja yang terserap.
Hendi mengharapkan apa yang dilakukannya dapat diduplikasi juga di daerah-daerah lain. “iJus Melon hanya salah satu sistem smart city kami yang terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami juga memiliki 152 sistem serta aplikasi lainnya yang kami buka selebar-lebarnya, agar daerah-daerah lain dapat menduplikasi,” jelasnya. (duh)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produksi Pangan, Butuh Dukungan Sarpras

Share this on WhatsAppKENDAL – Ketersediaan beras di Kendal mengalami fluktuasi. Tahun 2013 sebesar 133.770 …

Silakan Berkomentar