Beranda JATENG RAYA METRO KEDU Gunung Merapi Kembali Meletus Pagi Ini

Gunung Merapi Kembali Meletus Pagi Ini

94
0
BERBAGI

MAGELANG – Setelah sepekan terakhir tidak menunjukkan aktivitas, Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa tengah kembali erupsi pada Kamis (1/6), pukul 08.20 pagi tadi.

Erupsi Merapi, Jumat (1/6) pagi. Foto: donumentasi Pos Ngepos Gunung Merapi

Pada erupsi kali ini ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 6.000 meter ke atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 77 mm dan durasi 2 menit.

Heru Suparwoko, petugas pos pengamatan Gunung Merapi di Ngepos Srumbung Kabupaten Magelang mengatakan, data itu ia peroleh dari laporan KESDM, Badan Geologi, PVMBG, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, Kamis (1/6).

Disebutkan, karena ketinggian kolom erupsi melebihi 6.000 m di atas permukaan laut, maka Vona telah dikeluarkan dengan kode warna RED. Kode warna Vona dapat berubah sesuai dengan kondisi terkini.

Saat ini, Gunung Merapi berada pada status level 2 (waspada). Jegiatan pendakian untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Untuk radius 3 km dari puncak gunung merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang tinggal di KRB III tetap dimintauntuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Masyarakat juga diimbau tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernyadan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah setempat.

Sementara itu, diperoleh keterangan, di wilayah seputaran kawasan wisata Ketep Sawangan kabupaten Magelang diguyur hujan abu. Masyarakat yang beraktivitas di luar rumah langsung sibuk mencari masker. (MJ-24)