Gunung Merapi Keluarkan Asap Tebal, Warga Panik

SOLO – Warga Solo dan sekitar digegerkan dengan penampakan Gunung Merapi pada Jumat (11/5) pagi ini. Banyak yang tak menduga gunung yang masih aktif tersebut mengelurkan asap tebal dan membubung tinggi ke langit.

Asap tebal terlihat di puncak Merapi, Jumat (11/5) pagi. Foto: metrojateng.com

Salah seorang warga asal Boyolali, Prih (52) mengaku panik saat melihat kempulan asap tebal dari atas gunung. Bahkan ia terpaksa memulangkan lebih awal murid-muridnya, lantaran banyak siswa yang menangis.

“Tadi sekitar pukul 07.42, padahal itu ada ujian, anak-anak dan guru yang baru ujian sekolah agama pada nangis akhirnya dibubarkan. Ya merinding aja, soalnya tidak ada tanda-tandanya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Listy (40) warga Colomadu, yang mengaku khawatir dengan adanya asap tebal letusan gunung Merapi tersebut. Menurutnya, asap tersebut tidak seperti biasanya tidak seperti ia lihat setiap harinya dari depan rumahnya.

“Biasanya kalau cuaca cerah Gunung Merapi dan Merbabu kelihatan dari depan rumah. Ini tadi kok Gunung Merapi asapnya tebal sekali, ya saya kira itu pasti meletus, tidak seperti biasany,” ungkapnya.

Sementara itu, kantor BPPTKG dalam rilisnya menyatakan bahwa pagi ini status Merapi masih Normal dan asap yg mengepul adalah asap Sulfatara.

Informasi yang senada juga dirilis oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang yang mengimbau masyarakat tetap tenang dan menjauhi radius 3 KM dari puncak Merapi. Pihaknya menyatakan letusan tersebut adalah letusan Freatik Gunung Merapi. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.