Home > JATENG RAYA > Gudang Miras Oplosan Digerebek, Ratusan Liter Tuak Disita

Gudang Miras Oplosan Digerebek, Ratusan Liter Tuak Disita

Petugas menemukan ratusan liter tuak di gudang miras yang digerebek pada Jumat (8/9). (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Sebuah kios yang dijadikan gudang pembuat minuman keras oplosan di Boja Kendal Jumat (08/09) malam digerebek polisi . Petugas menyita ratusan liter minuman keras jenis tuak yang disembunyikan di sebuah gudang yang dikunci rapat. Petugas membuka paksa pintu gudang, sebab pemilik gudang menolak membukanya.

Tempat tersebut ditengarai sebagai tempat untuk mengoplos minuman jenis tuak. Minuman keras didapati berada dalam wadah tong berukuran besar. Pemilik kios berkelut, namun penggeledahan tetap dikakukan. Purba (56), pemilik kios awalnya mengelak soal penyimpanan minuman keras di tempatnya. Namun ia tak berkutik saat akhirnya petugas menemukan ratusan liter tuak itu.

Purba melarang petugas membawa tuak. Alasannya, tuak masih dalam proses dan belum mengandung alkohol. Kendati demikian petugas tetap mengeluarkan ratusan liter tuak dari gudang. Satu per satu, jerigen tuak dikeluarkan dan dipisahkan antara yang telah mengandung alkohol dengan yang belu beralkohol.

Selain menggeledah gudang, petugas juga menggeledah warung yang menjual minuman keras. Di sana, menemukan enam puluh liter minuman keras tuak yang disimpan di dalam ember ukuran besar. Belasan sachet susu dan minuman energi juga ditemukan di sana. Petugas akhirnya membawa pemilik warung dan melakukan penyitaan seluruh minuman keras tuak yang ditemukan.

“Jualan tuak baru 1 tahun. Biasanya  cuma dicampur susu saja dan kuku bima,” ujar Purba . Operasi pemberantasan minuman keras akan terus ditingkatkan untuk menekan peredaran minuman keras di Kabupaten Kendal khususnya di wilayah Boja. Razia ini gencar dilakukan menyusul tewasnya beberapa orang warga Boja akibat menenggak minuman keras minggu lalu. Dari hasil penggrebekan di dua tempat ini petugas menyita seratus dua puluh liter minuman keras jenis tuak. (MJ-01)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar