Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Gubernur Ganjar akan Panen Jagung di Boyolali  

Gubernur Ganjar akan Panen Jagung di Boyolali  

image
Gubernur Ganjar Pranowo dijadwalkan akan menghadiri acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan tahun 2014 di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit, Boyolali Rabu (10/9). Foto Metrojateng

BOYOLALI – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dijadwalkan akan menghadiri acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan tahun 2014 di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit, Boyolali Rabu (10/9). Gubernur bersama Bupati Boyolali, Seno Samodro akan melakukan panen jagung di Demplot Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Propinsi Jateng tersebut.

Kepala BPSB Jateng, Neni Ernawati, mengatakan kegiatan gebyar perbenihan tanaman pangan 2014 akan diselenggarakan selama dua hari. Yaitu Rabu (10/9) dan Kamis (11/9). Lokasinya di Demplot BPDB yang berada di desa Karangduren, Kecamatan Sawit. “Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Tahun 2013 lalu kegiatan serupa dilaksanakan di Malang, Jatim,” kata Neni Senin (8/9).

Pada kesempatan tersebut juga akan dihadiri Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, perwakilan Dinas Pertanian se-Jateng serta kalangan petani.

Menurut Neni, BPSB di Desa Karangduren menyewa lahan seluas 3,5 hektar. Sebanyak 2,5 hektar dipergunakan untuk demplot varietas padi dan sisanya untuk demplot hortikultura. Di demplot itu ada 50 varietes padi yang ditanam, terdiri 40 varietas inhibrida dan 10 varietas hibrida.

Varietas inhibrida diantaranya ciherang, mekongga dan situ bagendit. Sedangkan hibrida antara lain Mapan P05, Hipa 5 cevadan lainnya. Pada kesempatan tersebut juga akan diperkenalkan jenis varietas baru padi sibatang gadis. Varietes ini merupakan varietas inbrida yang tahan serangan wereng coklat.

Sedangkan demplot holtikultura meliputi kacang tanah, kedelai, kacang hijau, ubikayu, ubijalar, talas dan lainnya. “Kegiatan gebyar perbenihan tanaman pangan dimaksudkan untuk memperkenalkan beragam varietas tanaman padi dan palawija,” ujarnya. (MJ-07)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar