Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Grebeg Sudiro, Simbol Kerukunan Jawa-Tionghoa

Grebeg Sudiro, Simbol Kerukunan Jawa-Tionghoa

110
0
Peserta Grebeg Sudiro dari berbagai daerah di Indonesia pada Kirab Grebeg Sudiro yang berlangsung di Kawasan pasar Gedhe, Solo, Minggu (11/2). (foto: metrojateng.com/MJ-25)

 

SOLO – Kirab Grebeg Sudiro menjadi salah satu event di Solo yang menunjukan bukti nyata kebhinekaan di Indonesia. Merupakan bentuk apresiasi adanya akulturasi antara etnis Jawa dan etnis Tionghoa di kampung Sudiroprajan, yang digelar tujuh hari sebelum tahun baru Imlek. Sudiroprajan sendiri menjadi kawasan yang dihuni oleh berbagai etnis sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Etnis Tionghoa datang ke Solo untuk berdagang, adanya peradaban Bengawan Solo, menjadikan Pasar Gedhe sebagai perdagangan lintas etnis. Besarnya komunitas Tionghua disana ditandai dengana adanya satu klenteng kuno yakni klenteng Tien Kok Sie yang masih dijaga dengan baik.

Adanya kerusuhan rasial pada tahun 1743, 1911, 1965, 1980, dan 1998 perlahan terkikis dengan adanya kesadaran dari masyrakat Solo. Grebeg Sudiro menjadi bukti nyata bahwa masyrakat Solo menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.

Tahun ini, Kirab Grebeg Sudiro jatuh pada tanggal 11 Februari, kirab tersebut menyajikan 300 jodang dan berbagai penampilan khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Kirab ini diberangkatkan dari Tugu Jam Pasar Gede. Kemudian mereka melintasi Jl. Jenderal Sudirman-Jl. Mayor Sunaryo-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. R.E. Martadinata-Jl. Cut Nyak Dien-Jl. Ir. Juanda-Jl. Urip Sumoharjo.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo secara langsung memberangkat rombongan kirab Grebeg Sudiro. Kirab yang mengusung tema ” Melestarikan Budaya Bangsa Untuk Merajut Kebhinekaan” diharapkan masyaraka mampu mengelola kemajemaukan yang ada supaya terus terpelihara.

” Merajut kebhinekaan itu bukan pekerjaan yang mudah tapi juga tak sulit, tetapi menjaga kebhinekaan harus dilakukan secara bersama-sama,” ujarnya saat membuka Kirab Grebeg Sudiro, di depan Pasar Gedhe Solo, Minggu (11/2). (MJ-25)