Gerhana Bulan, Warga Surodadi Gelar Sholat Gerhana

JEPARA – Bagi umat muslim, gerhana bulan diyakini sebagai pertanda kekuasaan Allah. Maka jika terjadi gerhana bulan umat muslim disunahkan untuk menjalankan sholat gerhana bulan. 

Umat muslim di Dusun Surodadi, Desa Mulyoharjo, Jepara, pun menjalankan sholat gerhana bulan secara berjamaah di mushola, Sabtu (4/4). Sholat gerhana bulan dilaksanakan usai Maghrib, tepatnya saat gerhana bulan total terjadi.

“Sholat gerhana bulan ini sifatnya sunah. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim, sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua macam tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya. Maka jika kamu melihatnya, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, bersedahlah, serta bersholatlah,” tutur Ustad Supani Praktino saat menyampaikan khotbah.

Ada beberapa keutamaan yang bisa dilakukan saat terjadi gerhana bulan, yakni sholat gerhana, banyak mengucapkan istighfar atau memohon ampun, bersedekah, serta berdoa. (MJ-17)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

96 − 88 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.