Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Gelar Pilkada Serentak, KPU Jateng Rancang Tiga Skenario

Gelar Pilkada Serentak, KPU Jateng Rancang Tiga Skenario

Ilustrasi
Ilustrasi

SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah merancang tiga skenario untuk menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 16 kabupaten/kota pada 2015 mendatang. Tiga skenario ini disiapkan untuk mengantisipasi molornya pembahasan Perppu Pilkada di DPR.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo memaparkan, skenario pertama pelaksanaan Pilkada digelar pada September, dengan asumsi Perppu disetujui pada Januari 2015. “Skenario kedua, Pilkada digelar Oktober bila proses persetujuan mundur hingga bulan Februari dan skenario ketiga bila prosesnya baru selesai di bulan Maret,” jelasnya di Sukoharjo, Selasa (9/12).

Ketiga skenario tersebut, lanjutnya, diasumsikan bahwa proses Pilkada membutuhkan waktu minimal enam bulan. “Semua daerah sudah siap, tinggal menunggu perintah dari pusat saja.” katanya.

Ditambahkan Joko, sistem KPU saat ini berbeda berbeda dari tahun penyelenggaraan sebelumnya. Bila sebelumnya panitia KPUD dan KPU Propinsi yang bekerja langsung mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, sementara KPU pusat hanya sebatas supervisi. Tapi dalam Pilkada tahun 2015 semua kebijakan ada pada KPU pusat. (MJ-12)

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar