Gara-Gara Skimming, Tim Siber Patroli ke ATM

WONOSOBO – Maraknya kasus skimming di anjungan tunai mandiri (ATM) yang merugikan nasabah perbankan membuat tim siber dari internal perbankan dan kepolisian melakukan patroli ke ATM di seluruh daerah. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo menjelaskan, kasus skimming yang terjadi belakangan ini modusnya sangat canggih.

Hal itu menjadi tantangan bagi perbankan untuk melakukan antisipasi. “Sekarang tim siber internal perbankan dan kepolisian melakukan patroli bersama untuk meneliti dan mengawasi ATM-ATM yang ada di setiap daerah,” ungkapnya di sela Pelatihan Wartawan Bank Indonesia di Hotel Kresna Wonosobo, Rabu (21/3).

Bank Indonesia mengimbau agar perbankan bisa mengawasi semua kegiatan di ATM untuk menghindari kejahatan skimming. “Praktik skimming tersebut sangat memanipulasi. Sebab awalnya banyak yang mengira perbaikan ATM oleh teknisi. Padahal itu adalah praktik skimming,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi dan menangani kasus tersebut Bank Indonesia Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan BMPD Jawa Tengah agar lebih berhati-hati dan segera melapor jika ada kejadian di Jawa Tengah. Diketahui, kasus skimming telah terjadi di wilayah Jawa Timur. Sedangkan, di Jawa Tengah belum menerima laporan adanya korban skimming.

Sehingga Bank Indonesia berharap ke depan di Jawa Tengah tidak ada praktek tersebut. “Sampai saat ini belum dapat laporan dan mudah-mudahan kejadian ini tidak terjadi di Jawa Tengah,” tandas Hamid. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 + = 95

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.