Beranda PILGUB JATENG 2018 Ganjar Pranowo Menang dalam Real Count KPU Jateng

Ganjar Pranowo Menang dalam Real Count KPU Jateng

61
0

SEMARANG – Jumlah perolehan suara pasangan calon gubernur Jawa Tengah bernomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengungguli rivalnya pasangan bernomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam proses hitung resmi (real count) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ganjar Pranowo dan istri mencoblos di TPS 02 Gajahmungkur Semarang. Gubernur Petahana itu unggul atas Sudirman Said berdasarkan hasil real count Pilgub Jateng 2018. Foto: fariz fardianto

Saat membacakan hasil perolehan suara untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, Ganjar-Yasin mampu meraup perolehan suara sebesar 58,78 persen.

Jumlah ini setara dengan 10.362.694 suara, sementara Sudirman-Ida meraih suara 41,22 persen atau sebanyak 7.267.993 suara.

“Penghitungan suara dilakukan dengan menghadirkan saksi-saksi TPS serta perwakilan KPU 35 kabupaten/kota,” katanya, di kantornya Jalan Veteran Semarang, Minggu (8/7).

Menurut Joko, total suara sah dalam real count Pilgub mencapai 17.630.687 suara. Di samping itu, tambahnya, jumlah suara tidak sah mencapai 778.805 suara.

Ia mengaku ada beberapa kesalahan sedikit dalam penghitungan suara. Kesalahan terletak saat membacakan perolehan suara paslon nomor urut 2. Tetapi, ia mengklaim kemudian ditegur seorang saksi untuk langsung diperbaiki.

“Kemudian kesalahan sedikit. Karena tulisannya saksi itu kecil-kecil. Tapi sudah diperbaiki kok,” sergahnya.

Dalam real count, ia juga mendapati ada sebuah TPS yang perolehan suaranya 100 persen memenangkan Ganjar-Yasin. TPS yang dimaksud berada di Boyolali. Ia berpendapatn itu bukanlah fenomena baru. Joko beralasan saat Pilkada 2010 silam pihaknya malah menemukan ada TPS dengan pemilih hanya seorang saja.

“Bahkan dulu ada TPS pemilih satu tok pada 2010. Jadi saya kira itu sah,” terangnya.

Joko berkata real count masih terus dilakukan. Sampai siang tadi real count sudah menyelesaikan 10 kabupaten. “Belum masuk semua,”.

Ia menyatakan partisipasi pemilih disabilitas saat Pilgub terbilang rendah. Jumlah difabel yang nyoblos hanya 925 orang meliputi difabel pria 510 orang dan difabel perempuan 415 orang.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono memantau jalannya real count berlangsung kondusif. Pihaknya mengatakan situasi yang tertib saat Pilgub tak lepas dari peran serta tokoh-tokoh masyarakat.

“Sampai saat ini situasi Jateng sangat kondusif. Penghitungan suara sampai break tidak ada gejolak sama sekali,” ujar Condro. (far)