Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Ganjar Panen Jagung di Boyolali

Ganjar Panen Jagung di Boyolali

image

BOYOLALI – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama Bupati Boyolali, Seno Samodro, melakukan panen jagung di Desa Karangduren, Kecamatan Sawit, Boyolali Rabu (10/9). Acara itu digelar di sela-sela pelaksanaan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan 2014.

Ganjar menjelaskan, dirinya datang untuk memanen dan melihat hasil pertanian yang ada. Setelah melihat langsung, Ia mengaku senang dengan hasil yang ada. Jika hasil pertanian ini diolah dengan cara benar, hasilnya akan luar biasa. “Bagus, peran penyuluh pertanian sangat penting,” katanya kepada wartawan di sela-sela kegiatan itu.

Dikemukakan dia, ke depan produk-produk varietes pertanian yang dihasilkan ini harus disebarluaskan. Caranya, bisa menggunakan sistem informasi, di mana ada wadah untuk promosi yang bisa diakses dari gadget. Sehingga masyarakat bisa tahu, tanaman apa yang sedang panen dan informasi seputarnya.

Pengembangan tanaman pangan harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Dinas terkait diminta segera melakukan sosialisasi berbagai varietes tanaman pangan tersebut.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, potensi benih tanaman pangan sangat positif untuk meningkatkan pertanian di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya. Berbagai tanaman pangan yang dibudidayakan antara lain, padi, kedelai, jagung, ketela, singkong dan kacang hijau.

“Ini ada varietas-varietas yang bagus dan dari lokalitas yang bagus juga, dengan cara-cara yang benar dan baik, hasilnya juga luar biasa. Ini perlu segera disosialisasikan kepada para petani, sehingga mereka memiliki banyak pilihan yang akan ditanam,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya meminta jajaran terkait segera turun ke lapangan. Tujuannya, agar berbagai benih unggul tanaman pangan bisa diketahui para petani untuk mendukung kegiatan pertanian. Pasalnya, tanpa sosialisasi menyeluruh, potensi benih unggul tak bisa cepat diketahui petani. “Penyuluh sebagai ujung tombak pertanian harus mampu berperan optimal melakukan sosialisasi kepada petani,” tandasnya. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar