Home > POLITIK > FPDIP Solo Tolak Pilkada Lewat DPRD

FPDIP Solo Tolak Pilkada Lewat DPRD

image

SOLO-Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) DPRD Solo, menolak rencana pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui DPRD. Kendati kini, pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada di DPR RI belum mencapai kata sepakat. Mereka melakukan aksi penolakan.

Belasan anggota fraksi itu membawa poster bernada protes. Salah satunya berbunyi, Partai yang Usul Kepala Daerah Dipilih DPRD Khianati Rakyat. Selain itu tertulis pula, Biarkan Rakyat Memilih “Pelayannya.” Pada legislator itu pun melakukan orasi singkat di  depan Gedung DPRD, Rabu (17/9).

Sekretaris FPDIP, Putut Gunawan langsung membacakan pernyataan sikap dengan tegas menolak pemilihan kepala daerah oleh DPRD. Yel-yel juga disuarakan selama aksi berlangsung.

Putut mengatakan, DPR RI bersama pemerintah pusat harus merepsi aspirasi masyarakat, yang meningingkatan pemilihan kepala daerah tetap dipilih langsung oleh rakyat. Hal itu juga sesuai dengan tujuan reformasi bahwa kedaulatan sepenuhnya di tangan rakyat.

“Maka bersama dengan ini, kami FPDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta menyatakan sikap menolak pemilihan kepala daerah oleh DPRD,” tegasnya.

Ketua FPDIP YF Sukasno menjelaskan, penolakan partainya bukan tanpa alasannya. Menurutnya, sesuai UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, tugas dan kewenangan DPRD hanya tiga. Yaitu penyusunan anggaran (budgeting), penyusunan produk hukum (legal drafting) dan pengawasan (controlling).

“Jika anggota DPRD diberi kewenangan memilih kepala daerah, itu sama saja bertentangan dengan tugasnya. Padahal, itu sudah dibingkai jelas dalam UU Nomor 32/ 2004. Aspirasi masyarakat juga menginginkan agar bisa memilih “pelayannya” atau pimpinan yang mereka inginkan,” kata dia.

Dia menjelaskan, aksi tersebut sudah dilaporkan ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan tidak ada masalah. Usai aksi, pihaknya langsung mengirim pernyatan sikap itu ke DPR RI dan Presiden RI. (sus)

 

Ini Menarik!

Gerindra Bakal Umumkan Cagub Jateng Pekan Depan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Nama calon gubernur (cagub) yang akan diusung Partai Gerakan …

Silakan Berkomentar