Beranda PLESIRAN WISATA JATENG FOTO: Kampung Ragam Warna, Tak Sekadar Pamer Warna

FOTO: Kampung Ragam Warna, Tak Sekadar Pamer Warna

46
0
KENDAL – Kampung Mranggen, Kaliwungu Kabupaten Kendal kini juga memiliki kampung warna-warni yang diberi nama Kampung Ragam Warna. Berbeda dengan kampung warna-warni lainnya, Kampung Ragam Warna memiliki wisata religi yang berada tidak jauh dari kampung.
Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan kampung ini merupakan potensi, di mana Kaliwungu merupakan daerah industri di Kendal. Adanya aktivitas di kampung dari warganya, diharapkan mampu mengangkat ekonomi masyarakat yang ada di sana.
Selanjutnya, Mirna ingin mendorong sekitar 200 desa lain untuk memiliki tema tersendiri. Dengan demikian, sektor UMKM di masing-masing wilayah akan terdorong.
Penggagas Kampung Ragam Warna, Wiwik Wijaya menjelaskan, kampung ini merupakan hasil keinginan warga yang memiliki mimpi untuk lebih baik. Berbekal background kesenian yang dia miliki, Wiwik mendorong warga untuk memajukan sektor potensial yang dimiliki kampungnya, yaitu seni rupa dan kebudayaan.
“Kampung ini memiliki grup Dramblek yang bagus, bahkan akan terbang ke Jepang. Ini bisa jadi pertunjukan yang menarik bagi wisatawan yang berziarah untuk menyaksikan pertunjukan Dramblek Kampung Ragam Warna,” ungkapnya.
Dijelaskan, Dramblek merupakan grup yang terdiri dari kelompok yang memanfaatkan barang-barang bekas, terutama ember plastik dan metal. Dengan penyelarasan yang tepat, musik yang dihasilkan bisa terdengar menarik.
Direktur Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso menuturkan, sebanyak 3.000 liter cat dia berikan ke warga Kampung Mranggen agar dimanfaatkan. Pengecatan 98 rumah yang berdiri di dua RT dikerjankan selama tiga bulan.
“Program pemberian cat kami belum selesai. Setelah mewarnai eksterior, atap dan ornamen luar rumah, kami ingin mengecat jalan di Kampung Mranggen,” katanya. (ade)