Beranda JATENG RAYA Forkom LSM Tuntut Tes Perangkat Desa Diulang

Forkom LSM Tuntut Tes Perangkat Desa Diulang

22
0
BERBAGI
Forkom melakukan aksi protes di depan Kantor Bupati Kendal. (foto: metojateng.com/Edi Prayitno)

 

KENDAL – Belasan massa dari Forum Komunikasi (Forkom) LSM Kendal, Kamis (4/1) melakukan protes di depan Kantor Bupati Kendal. Mereka mendesak inpektorat Kendal membeberkan hasil audit yang dilakukan terhadap peserta tes seleksi, kepala desa dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jateng sebagai pelaksana tes seleksi 17 Desember 2017 lalu.

Aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang Kantor Bupati ini dijaga puluhan polisi dari Polres Kendal. Dalam aksi protes itu, Forkom juga menuntut tes seleksi perangkat desa diulang karena banyak kecurangan. Desakan itu sama dengan yang pernah dilontarkan paguyuban kepala desa beberapa waktu lalu.

Kordinator aksi Bambang Susilo mengatakan, tes perangkat desa yang digelar dengan sistem komputer banyak meninggalkan persoalan. “Banyak dugaan kecurangan selama berlangsungnya tes. Selain itu tes tidak dilakukan secara serentak tetapi secara bertahap. Hal ini  membuka ruang terjadinya kebocoran soal,” teriaknya dalam orasi.

Mereka juga meminta inspektorat Kendal melakukan investigasi terhadap dugaan adanya peserta tes yang merupakan pendamping desa. Pasalnya, pendamping desa tersebut masih terikat kontrak dengan Kementerian Desa.

Lima orang perwakilan kelompok yang melakukan protes diterima Kepala Kesbangpol untuk menyampaikan tuntutanya. Dihubungi terpisah, Kepala Inspektorat Kendal, Tatang Iskandariyanto mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan terhadap sejumlah pihak baik LPMP, peserta seleksi, maupun kepala desa.

”Hasil pemeriksaan tersebut sudah dilaporkan ke Bupati Kendal,” katanya. Rencananya Senin (8/1) besok calon perangkat desa yang menduduki peringkat pertama akan dilantik setelah Bupati mengeluarkan surat edaran untuk pemberian rekomendasi. (MJ-01)